INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Cegah Penyebaran Covid-19 di Kawasan Sekolah, Pemkot Cimahi Lakukan Disinfeksi

02 September, 2020 14:08 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Cegah Penyebaran Covid-19 di Kawasan Sekolah, Pemkot Cimahi Lakukan Disinfeksi

Foto: bisn.is.com

BANDUNG INSPIRA.TV,- Swab test dan penyemprotan disinfektan gencar dilakukan oleh para tenaga medis dan petugas di lingkungan Pemkot Cimahi, Jawa Barat.

 

Dikarenakan kasus positif Coronavirus Disease (Covid-19) di kalangan tenaga pendidik, membuat Pemerintah Kota Cimahi bergerak cepat memutus mata rantai penyebaran dengan melakukan disinfeksi bangunan sekolah.

 

Penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Cimahi yang berlokasi di Jalan Permana, Citeureup, Selasa (1/9/2020).

 

"Hari ini ada penyemprotan di SMKN 3. Walaupun kewenangan SMK itu domainnya ada di Provinsi Jawa Barat, karena kebetulan ada di wilayah Kota Cimahi, dan sesuai dengan petunjuk dan arahan pa wali kota dan juga permintahan dari kepala SMKN 3, kami tadi sekitar 1 jam melakukan penyemprotan," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Asep Bachtiar ditemui di sela kegiatan.

 

Menurutnya, dalam penyemprotan tersebut dilakukan terhadap sekitar 50 ruangan, dari mulai ruangan kepala sekolah, ruangan guru, dan ruang dimana banyak aktifitas para pendidik di SMKN 3.

 

Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna menjelaskan, penyemprotan disinfektan dilakukan guna mengurangi dan memutus mata rantai potensi penyebaran Covid-19 di area institusi pendidikan.

 

"Sebelumnya kita kan sudah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum, sampai ke area perkantoran Pemkot Cimahi. Nah khusus hari ini kita melakukan penyemprotan untuk mensterilkan area SMKN 3, karena kemarin salah seorang guru ada yang positif hasil Swab-nya," tutur Ajay.

 

Ajay menjelaskan, penyemprotan disinfektan di area sekolah akan kembali dilakukan apabila memang diperlukan. Sesuai dengan analisis kebutuhan dari Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Cimahi.

 

Menurutnya, langkah ini penting untuk memberikan kenyamanan kepada para guru dan staf yang bertugas di sekolah, sekaligus sebagai bentuk persiapan dalam rangka memulai kembali kegiatan pembelajaran secara tatap muka.

 

"Kalau lingkungan sekolah tidak steril dari virus korona, para guru dan siswa lainnya jadinya ragu-ragu dan kurang nyaman untuk memulai kembali kegiatan (belajar) tatap muka. Makanya kita antisipasi secara serius, tanpa harus menimbulkan kepanikan, agar kegiatan operasional sekolah tidak terganggu," pungkasnya. (JOB-03/HAP)

You can share this post !