INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Pemeriksaan Wali Kota Bandung Oleh KPK Dijadwal Ulang Hari Jumat Besok

03 September, 2020 08:51 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Pemeriksaan Wali Kota Bandung Oleh KPK Dijadwal Ulang Hari Jumat Besok

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menjadwal ulang pemeriksaan Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial.  Mang Oded sedianya akan dilakukan pemeriksaan oleh KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi terkait pengadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Pemerintahan Kota Bandung tahun 2012-2013, Rabu (2/9/2020) kemarin.

 

"Yang bersangkutan dijadwalkan untuk kembali dipanggil pada hari Jumat tanggal 4 September 2020," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (3/9/2020).

 

KPK Dalami Hal Ini Ali membantah klaim Oded M Danial yang mengaku belum mendapatkan surat panggilan dari KPK sehingga tidak memenuhi panggilan penyidik. Menurutnya, surat panggilan telah dikirim penyidik dan diterima oleh salah satu anggota keluarga Oded.

 

"Penyidik telah mengirimkan surat panggilan secara patut kepada yang bersangkutan dan telah diterima oleh salah seorang pihak keluarganya," ujar Ali.

 

Adapun, Oded M Danial akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai mantan anggota DPRD Bandung periode 2009-2014.

 

Sebelumnya, Oded mengaku belum menerima surat resmi pemanggilan dari KPK untuk pemeriksaan dirinya sebagai saksi.

 

"Belum, belum ada. Saya tanya ke Sekpri (sekretaris pribadi) juga, dia hanya menyampaikan ini ada berita (di media massa). Biasanya ke kantor kan (suratnya), tapi belum ada," kata Oded.

 

Para mantan anggota DPRD rencananya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dadang Suganda. Dadang diduga berperan sebagai makelar dalam pengadaan tanah untuk RTH Bandung dan memperkaya diri sebesar Rp 30 miliar.

 

"Pemerintah Kota Bandung membayarkan Rp 43,65 miliar pada DGS (Dadang). Namun DGS hanya memberikan Rp 13,5 miliar pada pemilik tanah," kata Juru Bicara KPK saat itu, Febri Diansyah dalam konferensi pers, Kamis (21/11/2019).

 

Penetapan Dadang sebagai tersangka merupakan pengembangan dari penyidikan terhadap tersangka sebelumnya yaitu mantan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PKAD) Kota Bandung Hery Nurhayat. KPK pun menaksir kerugian negara dalam kasus dugaan suap terkait pengadaan tanah untuk RTH Kota Bandung ini mencapai Rp 69 miliar. (MSN)

 

 

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN