INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

BPOM Sebut Ada 2 Vaksin Covid-19 yang Bakal Siap Pakai Awal 2021

03 September, 2020 13:27 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - BPOM Sebut Ada 2 Vaksin Covid-19 yang Bakal Siap Pakai Awal 2021

Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

JAKARTA INSPIRA.TV,- Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menyampaikan saat ini Indonesia mempunyai dua opsi mengembangkan vaksin untuk mengatasi virus corona. Hal Itu disampaikan Penny saat mengadakan jumpa pers di Kantor Presiden, Selasa (1/9/2020) lalu. 


Kepala BPOM mengatakan pengembangan vaksin merah putih yang dikembangkan oleh Kemenristek, Badan Riset dan Inovasi Nasional, serta Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, menjadi opsi pertama yang akan diambil.


Penny menjelaskan, pihaknya telah membuat roadmap tahapan pengembangan vaksin untuk memenuhi persyaratan data praklini, klinik dan mutu dari vaksin yang akan dibuat. Sementara opsi kedua adalah dengan mengembangkan kerja sama internasional/dengan PT Sinovac dan PT Biofarma.


Lalu kerjasama kedua yakni Sinopharm dengan Kimia Farma bersama grup 42 dari Uni Emirat Arab, dan kerjasama ketiga ialah Genexine dengan PT Kalbe Farma.


"BPOM telah membuat roadmap tahapan pengembangan vaksin yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan dari vaksin yang akan dibuat," ujar Penny. 


Pada kerja sama vaksin Sinopharm G42 dari UEA, saat ini sudah ada kesepakatan. UEA telah berkomitmen akan menyediakan 10 juta vaksin untuk Indonesia yang diharapkan bisa diberikan akhir tahun ini. (HAP)

You can share this post !