INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

5 Manfaat Lemon dan Madu bagi Tubuh, Atasi Jerawat hingga Tingkatkan Imunitas

04 September, 2020 07:42 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - 5 Manfaat Lemon dan Madu bagi Tubuh, Atasi Jerawat hingga Tingkatkan Imunitas

FOTO : Istmewa

Lemon dan madu adalah dua makanan yang sering dikaitkan dengan khasiat kesehatannya. Selain rasanya yang lezat, keduanya memang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


Buah lemon terkenal dengan kandungan vitamin C yang kaya. Selain vitamin tersebut, buah lemon juga banyak memiliki kandungan zat kimia seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid, yang sangat baik untuk kesehatan.


Sedangkan madu sudah tidak perlu diragukan lagi akan khasiatnya terhadap kesehatan. Makanan manis ini sudah lama digunakan sebagai untuk pengobatan alternatif. Madu memiliki kandungan antara lain antioksidan, flavonoid, fenolat, vitamin E, vitamin C, asam amino, serta mineral seperti zinc dan zat besi.


Campuran keduanya sebenarnya sudah banyak diketahui dan sudah banyak dicoba di luar negeri. Selain untuk menurunkan berat badan, campuran keduanya juga memiliki manfaat kesehatan lain yang luar biasa.


1.       Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat lemon dan madu yang pertama untuk mendetoksifikasi tubuh. Kombinasi madu dan lemon membuat tubuh kita bebas dari racun dan bakteri penyebab infeksi. Dalam kehidupan kita sehari-hari, banyak racun yang masuk ke dalam tubuh kita melalui bahan kimia, pestisida, atau bahkan makanan yang di sekeliling kita. Dengan demikian sifat antibakteri dari madu dan sifat detoksifikasi dari asam sitrat dapat membantu tubuh kita untuk membuang semua racun yang tidak diinginkan.


2.       Membersihkan Kulit dari Jerawat

Manfaat lemon dan madu yang kedua untuk membersihkan kulit dari jerawat. Meminum kombinasi lemon dan madu setiap pagi adalah salah satu solusi paling bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya.


Lemon memiliki sifat pengontrol minyak, sehingga menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Asam sitrat juga bekerja sebagai pengelupas. Ini akan membantu mengurangi sel kulit mati dan akumulasi puing-puing yang menyumbat kelenjar kulit.


Madu memiliki sifat antibakteri yang membantu detoksifikasi dan melawan bakteri jahat di hati Anda. Unsur mikro dalam madu membantu meningkatkan efek kulit yang bersih dan bercahaya melalui konsumsi internal.


3.       Mengurangi Infeksi Tenggorokan

Manfaat lemon dan madu yang ketiga untuk mengurangi infeksi tenggorokan. Madu selalu digunakan dalam budaya Baltik untuk mengobati gejala batuk dan sakit tenggorokan. Obat ini juga terlihat sangat populer di Ayurveda. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri membantu memerangi bakteri penyebab infeksi di dalam tubuh Anda. Madu juga menjaga saluran pernapasan tetap terhidrasi.


Ketika madu melawan lendir yang berlebih, lemon membantu mengencerkan lendir yang tersumbat di dalam tubuh kita dan melegakan saluran udara.



4.       Menutrisi Rambut

Manfaat lemon dan madu yang kelima untuk dapat memberi nutrisi pada rambut Anda. Lemon dan madu dapat menjadi alternatif alami untuk digunakan sebagai sampo. Menggunakan madu untuk rambut, secara alami akan melembapkan kulit kepala dan membuat rambut Anda menjadi halus. Sedangkan lemon akan bertugas untuk mencegah ketombe dan rambut rontok.


5.       Meningkatkan Imunitas

Manfaat lemon dan madu yang berikutnya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kualitas anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri dari madu menjadikannya sebagai salah satu solusi penyembuhan alami untuk sistem kekebalan tubuh. Minum segelas madu, air dan lemon yang diperkaya dengan vitamin C secara teratur akan mencegah munculnya sebagian besar dan alergi.(JOB-03/HAP)

You can share this post !