INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Golongan yang Boleh Meninggalkan Shalat Jumat

04 September, 2020 11:05 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Golongan yang Boleh Meninggalkan Shalat Jumat

FOTO : Istimewa

Shalat Jumat merupakan salah satu ibadah yang hukumnya wajib dilaksanakan oleh laki-laki.

 

Shalat Jumat adalah ibadah yang dilakukan pada waktu Dzuhur di hari jumat dengan sholat yang dilakukan sebanyak dua rakaat berjamah dan disertai dua khutbah terlebih dahulu.

 

Hukum shalat jumat adalah fardhu ain, sesuai dengan firman Allah SWT :

 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al Jumuah : 9)

 

Namun, meskipun shalat jumat hukumnya wajib dilakukan, tapi ada empat golongan yang dibolehkan untuk tidak mengikuti ibadah solat jumat, seperti dikatakan dri hadist Riwayat Abu Daud :

 

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ  إلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ  أَوْ امْرَأَةٌ  أَوْ صَبِيٌّ  أَوْ مَرِيضٌ

“Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, perempuan, anak kecil, dan orang sakit,” (HR Abu Daud dengan sanad sesuai standar syarat Bukhari dan Muslim).

 

Selain 4 golongan yang disebutkan dalam hadist, ada tiga golongan lain lagi yang tidak diwajibkan untuk sholat jumat, diantaranya :

 

1.    Non muslim

Untuk golongan yang pertama ini sangat jelas tidak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat jumat, karena mereka tidak mengakui Allah SWT sebagai tuhan mereka.

 

2.      Orang tak berakal

Manusia yang kejiwaannya terganggu seperti orang gila dan orang mabuk tidak diwajibkan melaksanakan sholat jumat.

 

3.    Musafir

Tidak diwajibkan bagi musafir untuk melakukan shalat Jumat, walaupun perjalanannya tidak melebihi jarak diperbolehkan mengqashar shalat. Namun untuk hal ini, tidak semua musafir boleh meninggalkan ibadah sholat jumat.


Hanya musafir tertentu saja yang diizinkan, dengan syarat perjalanannya dilakukan sebelum terbit fajar dan juga perjalanan yang dilakukan adalah perjalanan yang mubah, bukan perjalanan untuk sesuatu yang dilarang dan berbau negatif, seperti merampok, berzina, dan lain sebagainya.

 

Tapi harus diingat, jika kita tidak bisa melaksanakan sholat jumat, kita tetap saja harus melaksanakan Sholat Dzuhur.(JOB-01/HAP)

You can share this post !