INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Jangan Cover lagu Sembarangan Jika Tidak Mau di Penjara!

05 September, 2020 09:19 WIB | INSPIRATAINMENT

Inspira TV - Jangan Cover lagu Sembarangan Jika Tidak Mau di Penjara!

FOTO : Istimewa

Jika kita sedang membuka YouTube pasti sobat Inspira sering melihat berbagai macam cover lagu yang dibuat oleh para konten kreator dan musisi lainnya.

 

Tapi tahukah kalian jika belakangan ini  netizen sedang mempersoalkan cover lagu sembarangan yang berakibat dipenjara. Jika hal ini dilakukan maka maka hukuman yang akan diterima adalah 3 tahun penjara dan denda Rp 500 juta.


Atau bahkan jika produk hak cipta di publikasikan atau di bajak, hukumannya akan semakin tinggi bisa sampai 10 tahun penjara dan denda Rp 4 Miliar.

 

Bagi yang meng-cover lagu tanpa izin, akan dikenakan pasal 113 UU No. 28 Tahun 2014 yang terkandung dalam Undang-Undang Hak Cipta. Namun tidak hanya itu, UU Perpajakan, UU PNPB, serta UU Tipikor juga ikut digunakan dalam menegakkan hukum pidana hak cipta.

 

Hal itu juga dikatakan pakar Hukum Pidana Ekonomi dan Hak Kekayaan Intelektual dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Metro, Dr Edi Ribut Harwanto SH, MH, dalam seminar nasonal yang digelar Asosiasi Bela Hak Cipta ABHC di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

 

Jadi ini tidak main-main ya sobat inspira!

 

Banyak musisi juga yang menyuarakan pentingnya menghargai hak cipta lagu, khususnya mengcover lagu dan mengunggahnya di YouTube.

 

Dalam sebuah seminar nasional produk hak cipta dan HAKI yang diselenggarakan pekan lalu, sebagian besar musisi mendukung bahwa siapa pun yang melakukan cover lagu di YouTube harus bersiap menghadapi hukuman penjara dan denda.

 

Hal itu bertujuan agar hak cipta lagu mereka tetap terjaga dan dihargai.Namun, sebagian musisi lainnya ada yang tidak mempermasalahkan cover lagu selama YouTuber tidak “mencuri” lagu tersebut

 

Akan tetapi, ada sebagian lagi yang tidak mempermasalahkan cover lagu di Youtube selama youtuber tidak ‘mencuri’ lagu musisi tersebut. Salah satu musisi yang bersuara adalah personel Weird Genius, Reza Arap.

 

Meminta izin dan aturan monetisasi

Melalui akun Twitter pribadinya, Reza Arap menyatakan jika ada yang ingin melakukan cover lagu Weird Genius, netizen tidak perlu meminta izin kepada dia atau publisher selama tidak ‘mencuri’ atau mengklaim lagu itu milik youtuber yang melakukan cover.

 

Hal ini menjadi suatu bentuk kepercayaan Reza Arap, agar para youtuber cover lagu bebas berekspresi dengan lagu di internet.

 

Akan tetapi, lebih baik, netizen  juga melihat apa saja yang tidak boleh dilanggar ketika melakukan lagu cover.(JOB-02/HAP)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRATAINMENT LAINNYA