INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tips Merawat Wajah Untuk Pria

05 September, 2020 15:10 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Tips Merawat Wajah Untuk Pria

FOTO : Istimewa

Sama dengan perempuan, kulit pria pun mengalami penuaan saat usianya memasuki 30 tahun. Memang, perempuan lebih dulu mengalami penuaan dibandingkan pria. Namun, jika tidak dirawat kulit pria pun akan lebih cepat keriput dan kusam. Apalagi penampilan yang segar akan meningkatkan rasa percaya dirimu. Jadi, inilah perawatan harian yang sebaiknya dilakukan pria.

 

1. Bersihkan muka dengan sabun cuci muka

Memiliki sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit wajah adalah suatu yang wajib. Jangan hanya mencuci wajah menggunakan air atau sabun badan, ya. Kulit wajah harus dibersihkan dengan sabun khusus wajah. Saat menghabiskan waktu di luar raungan, kotoran, debu, minyak yang timbul pada kulit akan membuat kulit kita kusam. Karena itu, kamu harus membersihkan muka dengan facial wash untuk mencegah timbulnya jerawat yang disebabkan oleh bakteri yang menumpuk.

Pilihan sabun muka wajah pria da banyak banget, Pond’s Men Oil Control Face Wash, Kiehl’s Blue Herbal Acne Cleanser Treatment, Nivea Men Originals, Biore Men Facial Foam, dan lain sebagainya. Yang penting sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu, ya.

 

2. Gunakan toner untuk mencegah dehidrasi

Toner mungkin agak sedikit asing di dunia pria. Baru-baru ini, toner sedang hangat dibicarakan para perempuan untuk menjaga kebersihan dan menjaga kelembapan kulit. Toner berupa cairan skincare yang digunakan setelah mencuci wajah dengan sabun muka. Toner berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah kulit mengalami dehidrasi. Mungkin kamu bisa mencoba Clean & Clear Esssentials Toner atau Kiehl's Energizing Tonic For Men sebagai permulaan.

 

3. Gunakan pelembap untuk mencegah kulit semakin kering

Jangan menganggap ini adalah rutinitas perempuan. Setiap pria wajib merawat kulitnya agar tidak menyesal di hari tua nanti! Kulit yang kering akan lebih mudah muncul garis-garis penuaan. Karena itu jaga kelembapan kulit kamu dengan menggunakan pelembap wajah. Pelembap dapat mengontrol kadar air dan minyak pada wajah sehingga kulit kamu tidak akan mengalami dehidrasi dan menjadi lebih mulus.

Pilih pelembap sesuai dengan jenis kulit kamu, seperti Neutrogena Men Triple Protect Face Lotion, Clarins Mens Moisture Gel, Garnier Men Turbo Light, dan masih banyak lagi face lotion terbaik yang sudah banyak dijual di Olshop.

 

4. Atasi paparan sinar matahari dengan sunblock

Jika kamu akan beraktivitas di jam 10 pagi hingga 3 sore, sebaiknya gunakan sunblock untuk melindungi wajah kamu dari jahatnya sinar matahari. Jangan hanya wajah, tangan dan kaki kamu juga harus dilindungi dengan menggunakan lotion mengandung SPF 50. Paling minimal sebaiknya 50, ya. Sinar UV akan merusak sel-sel kulit kamu dan bisa menyebabkan kanker.

Selain itu, kulit dapat berubah menjadi kering dan terlihat bersisik. Karena itu, selalu bawa sunblock dalam tas kamu ketika cuaca di luar sedang panas. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ adalah pilihan terbaik yang patut kamu coba.

 

5. Shaving cream

Ini sangat penting untuk diperhatikan! Shaving cream merupakan grooming kit paling wajib agar kulit kamu tidak tergesek dengan pisau cuku yang tajam. Dry shaving memang bisa dilakukan namun beresiko merusak kulit di wajah kamu. Penggunaan shaving cream juga dapat menjaga kelembapan wajah sehingga wajah tidak terasa kasar. Produk shaving cream dari Gilette sudah cukup baik untuk menjaga kulit kamu dari tajamnya pisau cukur.

 

 6. Aplikasikan serum untuk memberi relaksasi pada kulit wajah

Bagi pria yang ingin menjaga kulit wajah tetap terhidrasi, pemakaian serum di malam hari sangatlah penting. Pemakaian serum juga dilakukan untuk memberi relaksasi pada wajah yang terkena polusi atau terasa kering seharian karena beraktivitas di teriknya pancaran sinar matahari.

Untuk pria yang sudah berusia 25 tahun ke atas, bisa mencoba serum anti-aging yang bisa membuat wajah tampak lebih awet muda. Rekomendasi produk serum pria yang bisa dicoba yaitu Clinique for Men Super Energizer Fresh Booster. Serum bertekstur gel ini dapat memperlambat risiko penuaan pada wajah.

 

7. Krim mata

Mata panda dapat mengganggu penampilan, apalagi jika umur pria masih muda. Selain kurang tidur, sebenarnya ada banyak faktor yang menimbulkan lingkaran gelap pada mata kita. Bahkan kebanyakan tidur juga dapat membuat mata kita bengkak, lho. Mata adalah salah satu indera yang paling diperhatikan oleh manusia. Karena itu, pria wajib memiliki krim mata. Aesop Parsley Seed Anti-Oxidant Treatment dan Clinique Anti-Age Moisturizer sudah banyak dipakai oleh pria di dunia untuk mengatasi mata panda.

 

8. Gunakan scrub wajah secara merata dua kali seminggu

Untuk mempercepat proses regenerasi kulit, pria juga butuh melakukan facial scrub dua kali seminggu. Hal ini dilakukan untuk meluruhkan sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam dan kering.

Face scrub pria yang direkomendasikan untuk kulit berminyak seperti Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub. Scrub ini secara aktif mengangkat komedo sekaligus mengangkat minyak berlebih pada wajah. Sedangkan untuk kulit kering, bisa mencoba face scrub Biore Men Facial Foam Anti Bacterior yang dapat menghilangkan noda bekas jerawat.

 

9. Masker wajah

Yang terakhir adalah masker wajah. Masker dapat membantu meregenerasi sel kulit dan membuat wajah kusam kamu hilang seketika. Sebaiknya gunakan masker selama seminggu 3 kali untuk hasil yang maksimal. Jangan malu untuk menggunakan masker wajah, apa salahnya pria menjaga penampilan dan kesehatan kulitnya, bukan? Kamu juga bisa menggunakan masker wajah alami dengan bahan dari dapur seperti telur, madu, tomat, lidah buaya, dan buah-buahan segar lainnya.(JOB-02/HAP)

You can share this post !