INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tips Liburan Aman di Era New Normal

06 September, 2020 15:30 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Tips Liburan Aman di Era New Normal

FOTO : Istimewa

SETELAH adanya wabah virus corona, sejumlah tempat wisata ditutup untuk sementara demi memutus tali mata rantai penyebaran virus covid 19 ini. Namun, sejumlah negara mulai melonggarkan aturan pembatasan wilayah dan karantina dirumah. Kebijakan tersebut di ambil pula di negara kita Indonesia.

Saat ini pemerintah telah mengajak masyarakat untuk melanjutkan beberapa aktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan. Keamanan di masa new normal atau kebiasaan baru ini memperbolehkan segala aktivitas tetap dikerjakan dengan mengenakan masker, menjaga jarak, juga kebersihan.

Beberapa tempat wisata pun sudah kembali di buka untuk umum, ini merupakan angin segar untuk masyarakat yang hampir 9 bulan berdiam diri dirumah atau menjalankan pekerjaannya dirumah. Momentum ini dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk pergi berwisata atau berekreasi bersama dengan keluarga atau orang terdekat ke berbagai destinasi wisata di Indonesia.

Eh, tapi ada hal yang perlu diingat. Meskipun sudah diperbolehkan untuk keluar dari rumah, saat ini kita masih ada ditengah ancaman pandemi. Nah, inilah beberapa tips yang harus kalian perhatikan ketika akan berwisata.

 

Cek kondisi kesehatan kamu

Beberapa hal harus dilakukan, terutama mengecek kesehatan kamu ketika hendak bepergian. Karena selain akan menambah parah kondisi kamu, imun tumbuh yang lemah pun dapat dengan mudah terpapar wabah virus corona.

Selanjutnya setelah memastikan kondisi kesehatanmu, jangan lupa untu tetap mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi protokol keamanan, dimana pun.

 

Memastikan status keamanan wilayah

Jika dahulu kita memiliki tempat wisata, lalu langsung membeli tiket pesawat, hotel dan lainnya. Kini ada yang berbeda, dimasa new normal ini memastikan status keamanan wilayah sangatlah penting. Banyak sekali beberapa wilayah yang masih dalam zona merah artinya masih banyak warga sekitarnya yang dalam kondisi ODP (orang dalam pantauan).

Dan untuk mengetahui keamanan wilayah yang ingin kamu kunjungin, kamu bisa mengaksesnya pada aman covid19.go.id  dan temukan daerah dengan 4 zona berbeda : hijau, kuning, Orange, dan merah. Hijau berarti sudah relatif aman untuk diknjungi, tetapi tetap dengan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, membawa handsanitize. Sementara kuning, Orange, dan merah memiliki resiko yang masing-masing lebih tinggi.

Setelah melihat keamanan status wilayah, pastikan pula destinasi yang akan kamu tuju sudah dibuka atau masih dalam pantauan.

 

 

Hindari kerumuman dan membawa bekal dari rumah

Hal sederhana ini jangan sampai kau lewatkan, adanya kerumunan memicu mudahnya terpapar virus covid. Karena kita tidak melihat apakah orang yang disebelahmu dalam kondisi yang sehat atau tidak. Biasanya, tempat yang menghadirkan kerumunan adalah tempat makan atau jajanan yang tersedia di tempat wisata. Maka dari itu untuk menghindari kamu dari kerumunan adalah dengan membawa bekal dari rumah. Selain terhindar dari kerumunan, kamu juga sudah memastikan bekal yang kamu bawa lebih sehat dan aman untuk dimakan.

Dengan beberapa tips diatas liburan kamu dimana pun akan terasa aman, tetapi kalau sekiranya liburan untuk kamu tidak terlalu penting, maka sebaiknya di rumah saja. Karena se-amanan apapun kondisi diluar sana kamu tidak tahu apakah virus tersebut benar-benar ada atau tidak. Jadi, yuk liburan sehat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.(JOB-04/HAP)

You can share this post !