INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tips Membersihkan Lensa Kamera Untuk Pemula

07 September, 2020 14:19 WIB | INSPIRA TEKNO

Inspira TV - Tips Membersihkan Lensa Kamera Untuk Pemula

Foto : Istimewa

Lensa merupakan bagian paling sakral dalam kamera, bahkan harga dari sebuah lensa bisa melebihi harga kamera tersendiri. Oleh karena itu, lensa harus tetap terawat agar terhindar dari jamur yang dapat mempengaruhi hasil jepretan.

 

Selain itu, lensa merupakan bagian kamera yang sangat sensitif, terutama pada bagian optik. Bagian ini mudah terkena debu dan kotoran ketika digunakan, bahkan sebagian besar pemula tidak tahu bahwa ketika lensa disimpan, masih dapat terkena resiko untuk terkena kotoran atau jamur.

 

Berikut adalah tips bagaimana membersihkan lensa bagi pemula:

 

Menyiapkan Ruang Kerja

Membersihkan lensa memang mudah kedengarannya, akan tetapi ada tahapan yang membutuhkan konsentrasi yang penuh. Oleh karena itu, kita harus membersihkan lensa di ruangan yang bebas debu dan kotoran, dengan cahaya yang terang agar lebih fokus, alangkah baiknya menggunakan meja agar lebih nyaman.

 

 

Persiapkan Alat Perang

Membersihkan lensa tentu saja harus menggunakan peralatan yang seharusnya, ada beberapa pengguna kamera justru mengabaikan salah satu aspek penting ini, karena selain memudahkan untuk membersihkan lensa, peralatan ini juga wajib dimiliki setiap pengguna kamera.   

Perlengkapan ketika membersihkan lensa terdiri dari lens pen, blower, cotton bud, lens tissue, sensor clean, dan cairan pembersih optik. Tentu saja setiap pembersihan tidak perlu menggunakan semua peralatan ini, karena penggunaan tergantung pada kendala itu sendiri.

 

 

Lepas Lensa dari Kamera

Tentu kita harus melepas lensa dari kamera dulu, agar memperluwes kita ketika membersihkan lensa. Akan tetapi ketika melepas lensa, kita harus lakukan secara cepat, agar debu yang berada di sekitar tidak masuk kedalam sensor kamera maupun optik lensa belakang.

 

 

Gunakan Blower

Debu yang menempel di optik lensa memang cukup mengganggu, karena dapat mempengaruhi hasil jepretan kita, namun jangan sembarangan membersihkan debu yang ada di lensa, karena ketika kita salah menggunakan peralatan, maka kita dapat menggores optik lensa tersebut.

Pertama gunakan blower untuk membersihkan debu, karena peralatan ini menggunakan tekanan angin untuk menghempas debu yang ada pada lensa, agar menghindari resiko goresan pada lensa.

 

 

Gunakan Lens pen

Bila debu sudah dihempaskan menggunakan blower, kita wajib menggunakan Lens pen untuk menyapu sisa debu yang membandel pada optik lensa, agar memudahkan kita dalam proses selanjutnya. Ketika membersihkan menggunakan Lens pen, jangan terlalu menggunakan tenaga, karena ada resiko lensa tergores.

 

 

Gunakan Cairan Pembersih Lensa

Proses selanjutnya, gunakan cairan pembersih lensa agar debu dan noda bersih secara total. Untuk tahap ini, pengguna dapat menyemprotkan secara langsung ke lensa atau menyemprotkan ke kain terlebih dahulu. Agar meminimalisir cairan pembersih lensa masuk kedalam lensa, pengguna disarankan untuk menggunakan tahap ke dua.

 

 

Gunakan Kain Microfiber

Tahap terakhir setelah cairan disemprotkan ke kain microfiber, bersihkan lensa secara detail dan menyeluruh dengan gerakan memutar, agar debu yang menempel hilang. Proses ini harus dilakukan secara perlahan dan penuh konsentrasi agar setiap sudut lensa tidak terlewat.

 

 

Nah itu dia tips membersihkan lensa untuk pemula, gimana? Gampang kan.

 

Saat ini sudah banyak dijual peralatan pembersih lensa di olshop atau di toko kamera, tentu saja dengan harga yang variatif, tentu saja terjangkau bagi setiap kalangan. Semoga tips ini bermanfaat bagi sobat pemula. (JOB-02/HAP)

 

You can share this post !