INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Sedikitnya 59 Negara Tutup Pintu Untuk WNI, Malaysia Salah Satunya

09 September, 2020 10:57 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Sedikitnya 59 Negara Tutup Pintu Untuk WNI, Malaysia Salah Satunya

Foto : Istimewa

BANDUNG INSPIRA.TV,- Indonesia menjadi salah satu negara yang masih menyimpan ancaman virus Covid-19. Setidaknya sekitar 59 negara melarang warga Indonesia masuk ke negara mereka. Malaysia menjadi salah satu negara yang melarang warga Indonesia masuk ke wilayahnya.

 

Malaysia dengan ini menyatakan bahwa mereka membatasi kunjungan dari warga Indonesia untuk memasuki wilayahnya, hal ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob pada Selasa, 1 September dan mulai berlaku pada 7 September lalu.

 

Namun selain itu pihak Negara Malaysia juga membatasi kunjungan dari Negara lain di selain Indonesia, seperti Filipina dan India, pihak Malaysia menilai bahwa kasus positif Covid-19 dinegara tersebut sangat tinggi dan terus meningkat, termasuk Indonesia.

 

Negara lain yang membatasi kunjungan dari indonesia antara lain Hungaria, Uni Emirat Arab dan Afrika Selatan. Dari pernyataan duta besar indonesia untuk hungaria Abdurachman Hudiono Dimas Wahab mengatakan, bahwa larangan tersebut sempat dilonggarkan pada Agustus lalu, namun mulai September larangan tersebut kembali diperketat.

 

Menteri luar negeri Retno Marsudi menjelaskan bahwa larangan tersebut adalah hak  pemerintah setempa. Pasalnya, pemerintah Indonesia juga menerapkan kebijakan serupa, yaitu membatasi akses masuk secara umum bagi warga negara asing.

 

“Pemerintah juga menerapkan kebijakan serupa, yaitu membatasi akses masuk secara umum bagi warga negara asing, demi mencegah penularan Covid-19,” jelas Retno.

 

Retno menuturkan bahwa adanya komunikasi dengan negara lain untuk melonggarkan larangan masuk bagi WNI. namun pelonggaran itu tidak dibuka bagi warga indonesia secara umum.

 

“kami juga melakukan komunikasi dengan negara lain untuk pelonggaran larangan masuk bagi WNI, namu pelonggran ini tidak dibuka untuk umum namun untuk kunjungan bisnis dalam proyek strategis Nasional, dan perjalanan dinas pemerintah yang mendesak,” tuturnya. (JOB-02/HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN