INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

59 Negara Tutup Pintu Untuk WNI, Satgas Covid-19 Sebut Pemerintah Pahami Keputusan Itu

09 September, 2020 11:26 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - 59 Negara Tutup Pintu Untuk WNI, Satgas Covid-19 Sebut Pemerintah Pahami Keputusan Itu

Foto: Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA.TV,- Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah Indonesia memahami keputusan yang diambil 59 negara untuk menutup pintu bagi warga negara Indonesia (WNI).


Tindakan ini dilakukan sebagai bentuk memberikan perlindungan kepada warga negara tersebut.


"Bahwa di dunia ini covid 19 masih Pandemi, jadi tidak ada negara yang bebas dari Covid-19. Semua negara pasti berusaha untuk melindungi warganya atau masyarakatnya dan tidak terkecuali negara Indonesia," kata Wiku Adisasmito dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/9/2020).


Untuk melindungi warga, maka perjalanan antar negara harus dicegah. Karena perjalanan antar negara itu berpotensi memunculkan kasus positif Covid-19 yang berupa imported case.


"Jadi kita hindari bersama untuk tidak melakukan perjalanan antar negara, karena berpotensi untuk mengimportasi kasus yang di seluruh dunia pasti akan melakukan hal yang sama, demikian pula juga Indonesia," ujar Wiku Adisasmito.


Menurutnya, selama pemerintah bisa menjaga atau membatasi mobilitas penduduk antar negara, maka kasus Covid-19 bisa dikendalikan dengan baik. 


Dengan ada penutupan pintu masuk dari 59 negara, Wiku meminta rakyat Indonesia tidak bepergian ke luar negeri, kecuali melakukan perjalanan yang esensial dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.


"Jadi kami mohon pengertian pada seluruh warga negara Indonesia, agar betul-betul dapat menjaga daerahnya masing-masing mobilitas penduduknya dibatasi hanya melakukan perjalanan yang esensial saja dan betul-betul melaksanakan protokol kesehatan yang seperti selalu kita gemborkan dalam rangka supaya tidak ada kasus tambahan baru," terangnya. 


Apalagi, lanjut Wiku, fasilitas kesehatan di Indonesia dan negara lain terbatas. Sehingga dengan menghindari bepergian ke luar negeri merupakan cara untuk melindungi negara dan mengendalikan kasus Covid-19.


Seperti diketahui, sebanyak 59 negara menutup pintu bagi warga Indonesia. Kebijakan puluhan negara tersebut menyusul tingginya kasus Covid-19 di Indonesia. Malaysia baru-baru ini juga menutup pintu bagi warga negara Indonesia. Amerika Serikat juga melarang warganya tak mengunjungi Indonesia. (HAP)

You can share this post !