INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan 3,5 Juta Data Penerima Subsidi Upah di Tahap 3

09 September, 2020 14:03 WIB | INSPIRA FINANCE

Inspira TV - BPJS Ketenagakerjaan Serahkan 3,5 Juta Data Penerima Subsidi Upah di Tahap 3

Foto: Istimewa

JAKARTA INSPIRA.TV,- Kementerian Ketenagakerjaan menerima 3,5 data calon penerimaan subsidi gaji tahap III. Serah terima ini merupakan lanjutan dan pelengkapan penerima subsidi gaji atau upah yang disalurkan oleh BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya. 


3,5 juta data nomor rekening calon penerima subsidi inilah yang akan diproses untuk mendapat bantuan subsidi gaji tahap ketiga. Subsidi ini merupakan upaya dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi covid-19.


Dari 3,5 juta data calon penerima gaji atau upah tersebut, maka akumulasi total yang sudah diserahkan pada tahap I, II, dan III mencapai 9 juta. Nantiny proses penyaluran bantuan subsidi gaji tahap ketiga ini akan sama seperti tahap I dan II, di mana Kemenaker akan melakukan check list terlebih dahulu. Bila mengacu pada juknis, maka proses check list ini akan memakan waktu 4 hari.


Menteri Ketenagakerjaa Ida Fauziyah menegaskan kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk mengkomunikasikan dengan Stakeholder agar meminimalkan berbagai kendala saat penyaluran subsidi, seperti duplikasi rekening tidak aktif, rekening tidak valid, rekening dibekukan, rekening tidak sesuai NIK, dan rekening yang tidak terdaftar. 


"Saat ini data yang di terima dari tahap I , II , III, sebagian sudah berhasil disalurkankepada penerima, dan sebagian yang lain masih dala proses. mekanisme penyaluran gaji atau upah tahap III sama semeperti sebelumnya, dimana data yang telah diserah-terimakan akan dilakukan cheklist oleh kemenaker sesuai dengan juknis," ujar Ida.


Verifikasi dan validasi akan dilakukan oleh BPJS KetenagakerjaaN. Untuk calon penerima subsidi yang tidak memberi data yang sebenarnya, maka akan dikenakan sanksii sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.  (HAP)

You can share this post !