INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Jakarta PSBB Total, Pakar Epidemiolog: Rem Darurat!

10 September, 2020 11:22 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Jakarta PSBB Total, Pakar Epidemiolog: Rem Darurat!

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan, kembali memberlakukan PSBB total seperti awal pandemi akibat Covid-19 tidak terkendali. Pakar Epidemiolog Indonesia di Griffith University Australia, Dicky Budiman menyatakan, potensi buruk pada fasilitas kesehatan seperti rumah sakit rujukan memang menjadi indikator yang kuat sebagai alasan penerapan PSBB kembali.

 

"Beberapa hari terakhir, sudah 70 persen. Apalagi kalau mendekati 90 persen, di atas 80 persen sudah sangat rawan dan sangat serius apalagi 90 persen," katanya Kamis (10/9/2020)

 

Persiapan PSBB ini haruslah dipersiapkan dengan matang, karena menurut Dicky PSBB total menjadi pilihan yang dilakukan sebagai rem darurat ini.

 

"Saya melihat beberapa minggu perlu persiapan, jangan dipaksakan cepat sebelum siap, kecuali memang indikator di fasilitas RS sudah di atas atau mendekati 90 persen. Ini sebagai rem darurat," ujarnya.

 

Menurutnya PSBB perlu kesiapan dari sisi lintas sektor. Seperti kesiapan masyarakat agar semua pihak memiliki pemahaman yang sama dan mengetahui peran aktif masing-masing sehingga PSBB dapat berjalan efektif. Pasalnya, perlu diingat, PSBB memiliki konsekuensi finansial dan sosial yang tinggi.

 

"Semua celah potensi pengurangan efektivitas seperti kurangnya sinergitas kolaborasi harus dicegah. Ini yang harus dilakukan," tuturnya.

 

Untuk masalah ini, saat orang-orang sudah banyak berdiam di rumah, kegiatan tracing atau pelacakan kasus dapat dilakukan lebih leluasa tanpa potensi lebih besar terkait penyebaran akibat mobilisasi ataupun pergerakan manusia.

 

"Ini yang harus dimanfaatkan betul selama PSBB, dilakukan strategi testing pada sasaran yang dituju, tracing dilakukan seoptimal mungkin. Selain isolasi karantina yang terpusat, ini yang jangan sampai dilupakan," pungkasnya. (JOB-02/HAP)

You can share this post !