INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Segudang Manfaat Terong Untuk Kesehatan

11 September, 2020 09:31 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Segudang Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Foto: istimewa

Untuk para vegetarian, terong adalah pilihan yang sangat cocok untuk menggantikan daging. Terlebih, tekstur terong memiliki kemiripan dengan daging.

 

Bahkan, cara memasak terong pun hampir seperti daging, bisa dibuat semur atau balado. Terong juga kaya akan vitamin B1, B6, K, niacin, folat, potasium, mangan, tembaga, dan serat.

 

Terong biasaya ditemukan di Asia, termasuk Indonesia. Bentuk terong sangat beragam, ada yang bulat, lonjong pendek hingga lonjong panjang, dengan warna ungu atau hijau.

 

Dengan warnanya yang ungu serta teksturnya yang lunak, tentu saja terong juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak orang menyepelekan atau mungkin belum mengetahui jika terong juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini, adalah manfaat terong untuk kesehatan manusia yang harus kamu keahui:

 

1.Obat Diabetes

Manfaat terong bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah bantu mengobati masalah diabetes. Terong memiliki antioksidan, seperti vitamin A dan C yang dapat membantu melindungi sel Anda dari kerusakan.

 

Terong juga memiliki bahan kimia tumbuhan alami tinggi yang disebut polifenol untuk membantu pekerjaan sel menjadi lebih baik dalam memproses gula.

 

Sejak dulu, terong selalu diandalkan untuk mengatasi dan mengontrol diabetes berkat kadar rendah karbohidrat larut dan kadar serat yang tinggi. Banyak penelitian modern yang mendukung fakta tersebut.

 

2. Menurunkan Kadar Kolestrol Dalam Darah

Manfaat terong yang kedua bagi kesehatan tubuh adalah membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Serat yang terkandung dalam terong bisa sangat membantu bagi kadar kolestrol.

 

Penelitian yang dilakukan pada 2014 menunjukkan kalau asam klorogenat, antioksidan utama dalam terong, bisa menurunkan kadar kolestrol jahat serta meminimalisir penyakit hati berlemak.

3. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Memakan terong, menurut beberapa penelitian bisa menjaga jantung tetap sehat. Serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan yang terkandung dalam terong dapat mendukung kesehatan jantung.

 

Terong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang beresiko membahayakan organ jantung tersebut. Terong dapat menurunkan kolesterol yang tinggi pada tubuh dan menstabilkan tingkat tekanan darah yang secara langsung akan berpengaruh pada penurunan resiko penyakit jantung.

 

5. Melawan Kangker

Beberapa kandungan dalam terung juga bisa membantu melawan sel kanker, misalnya kandungan solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs). Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan SRGs itu membasmi sel kanker dan membantu mengurangi jenis sel yang sama muncul kembali.

 

Kandungan polifenol dan anthocyanin dianggap bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Sehingga bisa mencegah pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker.

 

Anthocyanin bisa membantu mencegah pembuluh darah baru terbentuk di tumor, mengurangi peradangan, dan menghalangi enzim yang bisa menyebabkan penyebaran sel kanker.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Terong mempunyai manfaat dan khasiat alami untuk menjaga otak kanan dan otak kiri. Rahasianya ada pada nutrisi phyto pada terong merupakan salah satu nutrisi yang sangat di butuhkan oleh organ otak.

 

Jadi, bagi Anda yang bingung untuk memilih jenis makanan yang mampu menutrisi otak, maka terong adalah solusinya. Terong dapat menyalurkan pesan dari satu otak ke otak yang lainnya. Hal inilah yang dapat membuat otak anda menjadi sehat dan semakin cerdas. (JOP-03/HAP)

 

 

 



You can share this post !