INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Wahana Permainan Air BWP Makassar Terapkan PH dan Klorin Sesuai Anjuran Kemenkes RI, Untuk Cegah Penyebaran Covid 19

12 September, 2020 13:35 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Wahana Permainan Air BWP Makassar Terapkan PH dan Klorin Sesuai Anjuran Kemenkes RI, Untuk Cegah Penyebaran Covid 19

Foto : Muhammad Imran

MAKASSAR INSPIRA.TV,- Semenjak Pemerintah Indonesia telah mengizinkan untuk membuka kawasan wisata ditengah pandemi Covid-19, memberikan angin segar bagi pengusaha wisata diseluruh Indonesia.


Dengan dibukanya kawasan wisata, pemerintah tetap menganjurkan para pengusaha maupun pengelolah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar pengunjung terhindar dari penularan virus yang sangat mematikan yang hingga saat ini belum ada anti virusnya.


Pemerintah Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Kesehatan yang diteken pada tanggal 19 Juni 2020 aturan protokol kesehatan di kolam renang.


SK dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia wajib diterapkan oleh seluruh pengusaha tempat wisata khususnya wisata air. Seperti yang telah diterapkan oleh salah satu tempat wisata wahana air yaitu Bugis Water Park (BWP).


Pengelolah Bugis Water Park Kota Makassar telah menerapkan protokol kesehatan dikolam renang yang diberlakukan bagi seluruh pengunjung.


Manager Operasional BWP Makassar, Suardi mengatakan bahwa standar operasional bagi pengunjung yang menggunakan wahana air berdasarkan standar protokol Kementerian kesehatan.


" Kami telah menerapkan standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah seperti kadar PH harus 7,2 sampai 7,8 PH dan kandungan kaporit klorin harus 1 sampai 1,5 CL," ujarnya, Sabtu (12/09/2020).


Ia menambahkan bahwa pada setiap kolam, pihaknya memberikan informasi terkait kandungan PH dan seperti memberikan papan kandungan air bagi pengunjung agar dapat terhindar dari penyebaran Covid-19.


" Disetiap kolam, kami memberikan informasi jumlah kandungan air berdasarkan PH dan klorin kepada pengunjung. Setiap harinya juga kami mengecek air kolam renang menggunakan water treantment, jika kandungan air tak sesuai lagi, maka kami pasti mengganti air yang baru," tambahnya.


Diketahui, Dalam Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/Menkes /382/2020 yang berisi protokol kesehatan di sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19, pemerintah telah membuka tempat wisata untuk umum  seperti sebagai berikut:

 
1. Memastikan air kolam renang menggunakan disinfektandengan clorin 1 hingga 10 ppm atau bromin 3 hingga 8 ppm sehingga pH air mencapai 7 hingga 8 dilakukan setiap hari dan hasilnya diinformasikan di papan informasi agar dapat diketahui oleh konsumen.


2. Pengelola melakukan pembersihan dan disinfeksi terhadap seluruh permukaan disekitar kolam renang seperti tempat duduk, lantai dan lain-lain.


3. Menerapkan jaga jarak diruang ganti.


4. Pastikan tamu yang akan menggunakan kolam renang dalam keadaan sehat, dengan mengisi form self assesment risiko Covid-19 (form 1). Bila dari hasil self assesment masuk dalam kategori risiko besar tidak diperkenankan untuk berenang.


5. Batasi jumlah pengguna kolam renang agar dapat menerapkan jaga jarak.


6. Gunakan semua peralatan pribadi masing-masing.


7. Gunakan masker sebelum dan setelah berenang.


Sementara itu, Centers for C Disease Control (CDC) mengungkap jika hingga saat ini tidak ada bukti virus bisa menyebar di kolam renang atau kolam pemandian air panas.


Alih-alih kolam menyebar di kolam renang CDC menyoroti sulitnya menjaga jarak 1 hingga 2 meter dan penggunaan masker di kolam renang umum.


(JOP-04/FSL)‚Äč

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN