INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Vertigo Bisa Disembuhkan Dengan Obat Herbal?

12 September, 2020 14:39 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Vertigo Bisa Disembuhkan Dengan Obat Herbal?

foto : Reader's Digest

Sobat Inspira pernah merasakan pusing yang berlebihan sampai tidak bisa berdiri dan merasakan dunia berputar? Iya, itu adalah salah satu gejala penyakit vertigo. Vertigo merupakan dimana kita merasakan diri sendiri atau yang ada disekitar berputar, gejala ini bisa terjadi tiba-tiba yang akan menganggu segala aktivitas sobat inspira dikantor, kampus atau bahkan dijalan.

 

Penyakit vertigo, hal yang dirasakan bisa bervariasi. Ada yang hanya merasakan pusing ringan dan muncul secara berkala, jika serangan vertigo sudah parah biasanya memiliki durasi yang lebih lama bahkan bisa sampai beberapa hari, mampu menghambat aktivitas yang sedang dikerjakan.

 

Yang orang ketahui tentang gejala vertigo hanyalah pusing yang berlebihan, ternaya gejala vertigo pun ada macam-macamnya diantaranya :

-          Mual atau muntah

-          Sakit kepala

-          Gerakan mata abnormal

-          Telinga berdenging dan gangguan pendengaran

-          Lengan atau kaki terasa lemah

-          Berkeringat

 

Selain itu, vertigo dapat dipicu sinus, radang telinga, virus flu, cidera kepala atau

leher, stroke, gangguan saraf, dan penyakit Meniere.

Melansir Live Strong, vertigo ringan pada umumnya juga bisa diobati dengan bahan-bahan alami seperti jahe

 

Jahe

 

Anda juga bisa menggunakan jahe segar untuk mengatasi vertigo. Caranya dengan siapkan air sebanyak dua gelas, lalu masukkan 1 inchi jahe segar, rebus selama lima menit, lalu saring larutan menjadi teh jahe siap minum. Minum teh jahe ini begitu vertigo kumat. Agar lebih ampuh, tambahkan bahan alami penangkal pusing seperti labu dan biji seledri. Untuk mencegah lambung bermasalah karena jahe, baiknya Anda selalu makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi jahe. Hindari jahe saat Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, baru dua minggu setelah operasi, dan memiliki batu empedu. Bagi ibu hamil, batasi konsumsinya maksimal 1.000 miligram per hari. Untuk memaksimalkan manfaat jahe untuk vertigo, selama serangan vertigo hindari rokok, kafein, dan asupan garam berlebihan yang dapat memperburuk gejala penyakit.

 

Teh Jahe

Seduhan jahe bubuk Menurut laman resmi National Library of Medicine, studi klinis terkontrol menunjukkan jahe bubuk atau ekstrak jahe dapat mengurangi vertigo beberapa penderita. Untuk meredakan vertigo dengan jahe bubuk, konsumsi seduhan air dengan 1.000 miligram jahe bubuk saat serangan penyakit ini datang. Anda bisa mengonsumsi seduhan jahe bubuk lagi sebanyak 500 miligram selang empat jam apabila vertigo tak kunjung reda. (JOP-04/FSL)


 





 

 

You can share this post !