INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Makanan Sehari-Hari Yang Dapat Menaikan Asam Lambung

12 September, 2020 15:17 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Makanan Sehari-Hari Yang Dapat Menaikan Asam Lambung

foto : Mohamed_hassan

Asam lambung merupakan kondisi yang disebabkan oleh asam lambung yang naik dari perut  ke kerongkongan. Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, tubuh bisa merasakan sejumlah gejala. Gejalanya bisa tergantung organ yang ikut terpengaruh asam lambung. Untuk itu, tidak semua penderita penyakit asam lambung punya gejala sama. Gejala penyakitnya bisa ringan sampai berat. Diantaranya ada :

 

-          Heartburn, sensasi panas mirip terbakar yang tidak nyaman di dada

-          Regurgitas, perasaan ada cairan, makanan, atau asam lambung yang bergerak ke atas kerongkongan

-          Mulut terasa asam dan pahit

-          Sakit tenggorokan

-          Dispepsia, pencernaan yang menyebabkan rasa tidak nyaman di bagian tengah atau atas perut

-          Batuk kering

Lalu apakah kalian pernah tau bahwa makanan yang setiap hari bisa kalian konsumsi dapat memicu naiknya asam lambung.

 

1.      Makanan pedas, orang Indonesia sangat menggilai sekali makan-makanan yang pedas. Rasanya kita kalau makan tidak ada sabel itu seperti hambar. Tapi harus klaim ketahui, makan-makanan yang pedas bisa memicu gejala mulas pada banyak orang. Meski makanan-makanan ini tidak memicu naiknya asam lambung pada semua orang, tetapi kamu tetap harus mewaspadainya. Ini juga berlaku untuk makanan pedas, yang mungkin mengganggu lambung kamu lebih buruk dari makanan lainnya.

 

2.      Kopi, minum yang sedang hits saat ini kerap digemari para remaja dan kalangan lainnya. Eh tapi, untuk kalian yang memiliki gejala penyakit asam lambung jangan terlalu sering meminumnya apalagi untuk gejala asam lambung kronis. Jika minum kopi sepanjang hari, asam lambung bisa terus naik. Alternatifnya, cobalah beralih ke teh chamomile, yang merupakan teh herbal terbaik, atau kamu bisa minum satu cangkir teh hijau sehari jika diseduh ringan.

 

 

3.      Goreng dan makanan berlemak, apa kalian tahu? Makanan yang bisa kalian konsumsi setiap hari dapat memicu naiknya asam lambung, sering mengkonsumsi Makanan yang berlemak bisa menyebabkan sfingter esofagus melemah. Selain itu, gorengan dan makanan berlemak juga bisa menghambat proses pengosongan perut.

 

4.      Susu, Keju, Krim, Es Krim, Studi yang diterbitkan di jurnal Gut and Liver meneliti hubungan antara alergi susu sapi dan gejala GERD pada anak. Peneliti menemukan, anak-anak yang alergi susu sapi ternyata juga mengalami gejala GERD. Walaupun dibutuhkan riset lebih lanjut untuk menyelidiki dampaknya pada orang dewasa, tapi penderita masalah lambung juga bisa mempertimbangkan untuk menghindari susu dan produk olahannya. Beberapa penderita masalah lambung merasakan perut kembung dan asam lambung naik setelah mengonsumsi produk susu seperti susu, keju, krim, dan es krim. 

 

5.      Cokelat, makanan satu ini mengandung bahan alami methylxanthine. Kandungan zat ini bisa mengendurkan kinerja otot pengendali klep di esofagus. Dengan kendurnya klep pengendali asam lambung, cairan yang membantu proses pencernaan ini bisa kembali naik ke kerongkongan.


(JOP-04/FSL)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN