INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Dukung Percepat ASO, Pemerintah Siap Bagikan 5 Juta Set Top Box Gratis

14 September, 2020 11:29 WIB | INSPIRA TEKNO

Inspira TV - Dukung Percepat ASO, Pemerintah Siap Bagikan 5 Juta Set Top Box Gratis

Foto : Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA.TV,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, melakukan percepatan transformasi digital. Transformasi itu diharapkan berlangsung untuk sleuruh sektor. Roadmap atau peta jalan diminta Jokowi segera disiapkan.

 

Adapun salah satu transformasi digital yang dikejar Kemenkominfo ialah di sektor penyiaran. Migrasi frekuensi dari analog ke digital atau analog switch off (ASO) untuk segera dipercepat. Mereka menargetkan ASO dilaksanakan selama dua tahun.

 

Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Ahmad M Ramli, dukungan infrastruktur pun diberikan pemerintah, supaya masyarakat bisa menyaksikan siaran TV digital. Alat set top box atau perlengkapan pendukungnya akan dibagikan secara gratis. Lebih dari 5 juta orang akan menerima set top box seharga Rp 150-200 ribu ini, secara cuma-cuma.

 

"Dan yang akan dibantu set top box-nya yang seharga Rp 150-200 ribu itu adalah penduduk miskin. Jadi yang kaya tidak dibantu. Itu ada 3,24 juta di desa dan 2,13 juta di kota," tutur Ramli, Senin (14/9/2020).

 

Ramli melanjutkan, masa tenggang itu bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan simulcast, atau penyelenggaraan penyiaran televisi (TV) analog dan televisi digital secara bersamaan.

 

"Secara roadmap kami sudah kaji selama ini. Dua tahun untuk waktu simulcast menurut kami adalah waktu yang sangat cukup," ujar Ramli.  

 

Pada dasarnya, Kementerian ingin transformasi digital di sektor penyiaran ini lebih cepat dilakukan. Namun dengan tetap melihat kondisi yang ada.

 

"Kalau kami sebetulnya senang kalau setahun. Kami berpikir dua tahun itu supaya mereka ada waktu untuk simulcast, kemudian memberikan pemahaman-pemahaman lalu membeli yang harganya Rp 150 ribu itu untuk set top box," tandas Ramli. (MSN)

 

You can share this post !