INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Adab Bepergian Agar Perjalanan Menjadi Berkah

15 September, 2020 08:55 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Adab Bepergian Agar Perjalanan Menjadi Berkah

Foto: Free Images Pixabay

Siapa yang akan tahan berdiam diri di rumah?. Setiap orang akan meninggalkan rumah dan melakukan aktivitas di luar rumah. Melakukan perjalanan dinas, bersilaturahmi dengan para kerabat, mengunjungi beberapa tempat yang di impikan merupakan beberapa alasan untuk keluar rumah. Dengan begitu setiap orang akan melakukan perjalanan. Baik perjalanan dekat maupun jauh yang membutuhkan waktu berhari-hari. 


Setiap orang tentu ingin perjalanannya aman, lancar dan diberkahi. Dalam hal bepergian ini Islam sudah mengaturnya sedemikian lengkap. Rasulullah SAW menyatakan bahwa bepergian merupakan siksaan.


Siksaan yang dimaksud adalah setiap orang yang akan bepergian akan merasakan lapar, dahaga dan kurang istirahat selama perjalanan. Di samping itu selama bepergian ada risiko kecelakaan. Maka dari itu kita sebagai seorang muslim harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan menjadikan perjalanan kita menjadi amal ibadah. 


Agar perjalanan yang kita lakukan menjadi berkah, maka kita perlu melaksanakannya sesuai adab dalam Islam. Apa saja itu? Berikut ulasannya.


Shalat Istikharah

Sebelum menjelang keberangkatan maka lakukan salat istikharah. Shalat istikharah yaitu salat sunah dua rakaat. Nabi Muhammad SAW , dalam riwayat Jabir Ibn Abdillah ra.bahwa Rasulullah Saw. bersabda: “ Jika diantar kalian hendak melakukan perkara/ urusan, maka rukuklah ( salatlah) dua rakaat, kemudian berdoa...”.( HR. Bukhori).


Dianjurkan bagi setiap muslim yang akan bepergian, apalagi bepergian jauh seperti umrah dan haji untuk melaksanakan salat istikharah. Doa yang paling utama adalah: “Astakhirullah bi rahmatihi khiyaratan fi `afiyatin”.

Artinya : aku memohon pilihan kepada Allah  dengan rahmat-Nya pilihan dalam keselamatan.


Berpamitan

Saat akan bepergian berpamitan merupakan hal yang penting.  Berpamitan dengan seisi rumah termasuk orang tua akan membuat hubungan menjadi harmonis. Selain itu kita akan memperoleh doa  dan restu dari orang yang dipamiti. Selain mengucapkan kata-kata untuk berpamitan hendaknya disertai dengan berjabat tangan dan mengucapkan salam.  Berjabat tangan sekaligus mengucapkan salam merupakan bentuk penghormatan kepada keluarga yang ditinggalkan. Hal ini akan memberi kenyamanan bagi kedua belah pihak.


Adapun ucapan salam ketika akan berpisah dengan keluarga adalah: “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”

Artinya : semoga keselamatan tetap atas kamu, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya.


Membaca Doa Keluar Rumah

Allah memerintahkan hambanya untuk senantiasa mengucapkan kalimat tayibah termasuk salah satunya adalah doa. Doa merupakan senjatanya umat Islam yang di ucapkan ketika hendak melakukan segala sesuatu. Keutamaan membaca doa keluar rumah di terangkan dalam sebuah hadist yang artinya sebagai berikut: “Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya ' kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi. Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya'. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya . ‘Bagaimana mungkin kalian mengganggu orang yang sudah diberikan petunjuk, dicukupi dan dilindungi’” (HR. Abu Daud 5095, Tarmizi 3426, dan disahihkan Albani).


Berikut doa keluar rumah: "Bismillahhi tawakkaltu 'alallah, laa haula wa laa quwwata illa billaah."

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakallah kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah.


Berzikir

Ketika di perjalanan terutama ketika di atas kendaraan hendaknya dimanfaatkan waktu dengan baik dengan mengingat Allah. Berzikir merupakan amalan yang luar biasa yang sangat mudah kita lakukan saat dalam kendaraan. Berzikir menambah ketenangan hati. Adapun zikir-zikir yang dianjurkan oleh Rasulullah yaitu : “SubhanallAh walhamdulillah wa laa ilallah wa allahu akbar”. Dalam hadist riwayat Ahmad (HN 6191) disebutkan bahwa kalimat zikir tersebut dapat menghapuskan dosa kita meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.


Demikian beberapa adab yang dapat kita amalkan agar perjalanan kita aman lancar dan dalam perlindungan Allah SWT. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN