INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ridwan Kamil Jalani Penyuntikan Vaksin Sinovac Tahap Kedua

15 September, 2020 14:57 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Ridwan Kamil Jalani Penyuntikan Vaksin Sinovac Tahap Kedua

Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar

BANDUNG INSPIRA.TV,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjalani penyuntikan vaksin Sinovac tahap yang kedua, Senin (14/9/2020), di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahradi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, dan Kepala Kejati Jabar Ade Eddy Adhyaksa.


Kunjungan ini merupakan kunjungan ketiga dari lima kunjungan yang akan dilakukan selama tahap uji klinis vaksin Covid-19. Kunjungan ketiga ini merupakan puncak dari proses penyuntikan dosis terakhir dari percobaan vaksin Covid-19.


Setelah kunjungan tahap ketiga ini maka tahapan selanjutnya akan menunggu selama 14 hari untuk tes darah.


Selama menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19, Ridwan Kamil menjelaskan agar para relawan diharapkan untuk tidak bepergian ke daerah yang rawan kasus Covid-19. Hal ini menyebabkan akan terganggunya proses statistik dalam proses uji klinis vaksin Covid-19.


Orang nomor satu di Provinsi Jabar ini menuturkan pengalamannya setelah disuntik vaksin COVID-19 buatan Sinovac, China, tahap kedua yakni tidak seperti suntik vaksin pertama, suntik vaksin tahap kedua berlangsung lebih cepat dan tidak ada pengambilan darah.


"Kalau saya selama lima menit mengulangi reaksi yang sama, agak pegal jadi selama lima menit agak susah mengangkat tangan. Tapi sekarang lebih lumayan meskipun ada terasa. Dan yang pertama biasanya hari hari berikut agak mengantuk, mudah-mudahan tidak terjadi lagi. Sehingga hasilnya dimonitor baik dan dinyatakan berhasil," kata dia.


Emil mengungkapkan, sebelum dilakukan penyuntikan uji klinis vaksin Covid-19, terlebih dahulu dilakukan pengecekan berat badan dan pngecekan organ bagian dalam. Pengecekan ini untuk mengetahui perubahan selama dua minggu terakhir. 

 

Ia berharap agar uji klinis vaksin Covid-19 berhasil. Dengan dilakukannya uji klinis vaksin Covid-19 memberi harapan kepada warga indonesia untuk menyelesaikan masalah Covid-19 yang sudah beberapa bulan memberikan dampak buruk bagi Indonesia maupun dunia.


Perlu diketahui, jumlah relawan uji klinis vaksin Covid-19 ini sebanyak 1.600 relawan, namun proses penyuntikan baru terjadi dalam dua tahap.


Penyuntikan pertama berjumlah sekitar 400 orang. Sedangkan tahap dua dilaksanakan pada 14 September di Puskesmas Garuda yang diikuti sekitar 200 relawan termasuk ubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (JOB-01/HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN