INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ini Tampilan Seragam Baru Satpam yang Didesain Layaknya Polisi

16 September, 2020 16:04 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Ini Tampilan Seragam Baru Satpam yang Didesain Layaknya Polisi

Foto : Istimewa

BANDUNG INSPIRA.TV,- Kapolri Mengeluarkan peraturan baru tentang pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa) yang mengatur perubahan seragam satpam, yang selama ini putih biru atau biru-biru akan diubah menjadi coklat.

 

Aturan ini termuat dalam Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Perkap ini ditandatangani Jenderal Idham Azis pada 5 Agustus 2020.

 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol. Awi Setiyono mengatakan, kemiripan sergaman tersebut diharap akan semakin menumbuhkan hubungan kedekatan antara Satpam dengan Polri dan membuat kebanggaan tersendiri bagi anggota satpam sebagai salah satu profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas.

 

Ia menjelaskan warna coklat dipilih sebagai warna seragam baru satpam karena coklat merupakan warna alami.

 

“Coklat melambangkan rasa aman, nyaman serta kejujuran. Selain itu simbol dari seragam satpam yang berwarna netral yang melambangkan kebersahajaan, pondasi, stabilitas kehangatan, rasa aman dan nyaman setra rasa percaya, keanggunan, ketabahan dan kejujuran," ujar Alwi di Jakarta, Selasa (15/9/2020). 

 

Baju Dinas satpam juga dirancang dengan berbagai model, menyesuaikan dengan penggunanya muali dari seragam biasa, berhijab hingga setelan jas. Seragam ini pun dilengkapi dengan tanda pangkat.

 

Brijen Pol Awi setiyono juga menambahkan bahwa ada lima jenis pakaian dinas Satpam yang disertai pangkat, antara lain: PDH (Pakaian Dinas Harian), PDL Sus ( Pakaian Dinas Lapangan Khusus), PDL Satu (Pakaian Dinas Lapangan Satu), PHS ( Pakaian Sipil Harian), dan PSL (Pakaian Sipil Lengkap). (JOB-03/HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN