INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Amalan yang Dianjurkan Pada Hari Jumat

18 September, 2020 09:59 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Amalan yang Dianjurkan Pada Hari Jumat

Foto: Free Image Pixabay

Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam karena terdapat banyak keutamaan dan ampunan sehingga umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan pada hari ini.

 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu alaihi wa Salam bersabda, “Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim).

 

Lalu apa saja amalan-amalan yang bisa kita kerjakan di hari Jumat? Berikut rinciannya.

 

Melaksanakan Kewajiban Shalat Jumat

Pada hari Jumat setiap laki-laki muslim diwajibkan untuk melaksanakan shalat Jumat.  Kewajiban ini telah disebut dalam Al-Qur’an surat Al-Jumuah ayat 9, yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli."

 

Telah meriwayatkan, Abu Daud, No. 1052, Tirmizi, No. 500, dan Nasai No. 1369, dari Abi Al-Ja’d radhiallahu anhu sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda,”Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali dengan meremehkannya, maka Allah tutup hatinya.” (Dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami).

 

Amalan membaca Surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi atau Ashabul Kahfi merupakan surat ke 18 dalam Kitab Suci Al-Qur’an yang terdiri dari 110 ayat. Rasalullah SAW menganjurkan umat Islam untuk membaca surat ini pada Malam Jumat dan hari Jumat yakni mulai dari terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari pada hari esoknya yakni hari Jumat.

 

Dari Abi Said Al-Khudri, ia berkata, “Barang siapa membaca surah Al-Kahfi di malam Jumat, maka baginya cahaya yang terang antara dia dan baitul atiq (Ka’bah).” (HR. Ad-Darimi). Dishahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami.

 

Tak hanya memiliki keistimewaan dibaca pada hari Jumat, surat ini pun memili keutamaan lainnya jika dihafalkan atau dibaca setiap hari seperti dijauhkan dari fitnah dajjal.

 

Dari Abu Darda’ radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, niscaya dia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.”

 

Memperbanyak Doa

Hari Jumat adalah hari yang mustajab untuk berdoa. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Salam bersabda,”Sesungguhnya di dalam hari Jumat, ada suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya (hari Jumat) sedangkan ia dalam keadaan berdiri shalat memohon sesuatu kepada Allah, melainkan akan Allah berikan padanya.” (Muttafaq alaihi)

 

Bersedekah

 Hari Jumat memiliki keistimewaan dibanding hari lainnya seperti halnya bersedekah di hari Jumat. Dalam keterangan Ibnul Qoyim seorang ulama hambali dalam kitabnya Zadul Ma’ad, beliau menyebutkan Sedekah di hari jumat, dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di selain Ramadhan.

 

Demikian amalan-amalan yang bisa kita maksimalkan pada hari Jumat, semoga apa yang kita kerjakan mendapat berkah dan diridhai Allah SWT. (JOB-02/HAP)

You can share this post !