INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Menilik Asal-Usul Odading, Jajanan yang Sedang Viral di Bandung

18 September, 2020 20:22 WIB | INSPIRA FOOD

Inspira TV - Menilik Asal-Usul Odading, Jajanan yang Sedang Viral di Bandung

Foto: Free Images Pixabay

Apa yang terlintas dibenak Anda saat memikirkan kata odading? Jajanan legendaris khas kota kembang dengan rasanya yang khas dan juga bertekstur atau malah terpikirkan promosi khas Ade Londok yang sedang viral di media sosial?

 

Namun tahukah Anda dibalik jajanan viral ini ternyata odading adalah warisan kolonialisme Belanda. Hal tersebut tertera dalam tulisan yang bertajuk “Disumpahi Pemuda: Satu Nusa Satu Bangsa Dua languages” karya Remmy Sylado yang dipublikasikan di The University of Melbourne.

 

Tulisan karya Remmy tersebut menyebut, penamaan odading diadopsi dari bahasa belanda yang berasal dari kata “O, dat ding?” yang artinya “O, benda itu?”, hal itu terjadi saat Ibu dari Anak yang mengingankan kue itu tidak mengetahui namanya alhasil Ia hanya menunjuknya sembari berkata “O, dat ding?”

 

Akhirnya kue yang belum mempunyai nama tersebut hingga saat ini disebut dengan odading. Odading sendiri adalah kue yang berbahan dasar dari tepung terigu dan memiliki cita rasa manis karena campuran dari gula pasir.  (JOB-02/HAP)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FOOD LAINNYA