INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Berlimpah Berkah, Jangan Lupa Membaca Surat ini Saat Hendak Tidur!

18 September, 2020 22:07 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Berlimpah Berkah, Jangan Lupa Membaca Surat ini Saat Hendak Tidur!

Foto: Free Images Pixabay

Setelah Lelah beraktivitas seharian, malam adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan badan agar esok hari ketika bangun tidur, kondisi tubuh kita dalam keadaan sehat dan bugar.

 

Namun sebelum beranjak tidur, ada surat-surat yang bisa kita baca untuk mendapatkan berkah dan rahmat-Nya salah diantaranya yaitu membaca surat Al-Mulk dan Al-Waqi’ah.

 

Lalu apa saja keistimewaan dua surat tersebut? Ini dia ulasannya.

 

Surat Al-Mulk

 

Surat Al-Mulk adalah surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di Mekkah, surat ke-67 ini terdiri dari 30 ayat dan memiliki arti Kerajaan. Disebutkan beberapa hadits bahwa orang Membaca surat Al-Mulk saat hendak tidur akan diberi syafaat hingga dia diampuni.

 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Ada suatu surat dari al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabârakalladzii biyadihil mulku… (surat al-Mulk)” HR. Tirmidzi no. 2891, Abu Daud no. 1400, Ibnu Majah no. 3786, dan Ahmad 2/299. DiShahihkan Al-Jami

 

Selain itu, orang yang mengamalkan surat Al-Mulk juga akan dijauhi dari siksa kubur.

 

Dari Abdulloh bin Mas’ud mengatakan “Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajall menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya "al-Mani'ah" (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan." HR. Nasa’i. Dishohihkan dan dihasankan oleh Albani.

 

Al- Waqi’ah

 

A-Waqi’ah adalah surat ke-56 yang ada di Kitab Suci Al-Qur’an dan berjumlah 96 ayat. Surat ini dikenal dengan surat penuh berkah. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits bahwasannya surat Al-Waqi’ah adalah surat kekayaan.

 

“Barang siapa yang mengajari surat Al-Waqiah kepada wanita kalian, maka sesungguhnya itu adalah surat kekayaan.”  H.R Ad-Dhailami.

 

Perlu diketahui, membaca kedua surat tersebut tak terpatok hanya pada malam hari saja karena pada dasarnya membaca ayat suci Al-Qur’an itu tak terikat oleh waktu dalam artian bisa diamalkan kapan saja Rasullah SAW pun pernah bersabda ”Bacalah oleh kalian al Qur’an. Sesungguhnya Al Qur’an akan memberikan syafaat bagi para pemiliknya (orang-orang yang suka membacanya) pada hari kiamat.”.  (JOB-02/HAP)

You can share this post !