INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Waktu Tidur Yang Dilarang Dalam Islam

19 September, 2020 11:15 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Waktu Tidur Yang Dilarang Dalam Islam

foto : Istimewa

 

Tidur adalah suatu kebutuhan untuk makhluk hidup, Rasulullah bersabda bahwa tubuh mempunyai hak untuk beristirahat.

 

 

Ketika seseorang melakukan pekerjaan yang membuat lelah, biasanya mereka meluangkan waktu untuk tidur walau sejenak. Dan beberapa orang melakukan kegiatan tidur di waktu yang kurang tepat seperti orang yang baru selesaikan aktivitasnya di jam 5. Sebagian orang tidak terlalu memerhatikan waktu tidur. Padahal, tidak memenuhi waktu tidur yang cukup dapat merugikan kesehatan.

 

 

Agama Islam pun sudah mengatur waktu tidur umatnya. Sebagaimana yang Rasullullah ajarkan. Meski begitu, Rasulullah menyampaikan ada waktu yang hendaknya dihindarkan untuk tidur.

 

 

Nah, dalam islam waktu yang dilarang untuk tidur adalah setelah sholat Ashar atau sekitar jam 4-5. Sebenarnya tidak ada hadis sahih yang menjelaskan tentang larangan tidur setelah waktu sholat Ashar. Namun, sebaiknya tidak dilakukan karena dikhawatirkan keterusan hingga menjelang Magrib.

 

 

Selain itu, dampak tidur sore bagi kesehatan diantaranya bisa membuat tubuh lesu, gangguan daya ingat, dan berbahaya bagi kadar kolesterol tubuh.

 

 

sebagian ulama mengatakan “Siapa saja yang tidur selepas waktu ashar sehingga terganggu kejiwaannya, maka janganlah ia mencaci selain dirinya sendiri“. Jika terlalu sering tidur di sore hari akan membuat jiwa atau pikiran semakin buruk.

 

 

(JOB-04/FSL)



You can share this post !