INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Diet Sehat Ala Rasulullah yang Wajib Kamu Coba

20 September, 2020 10:50 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Diet Sehat Ala Rasulullah yang Wajib Kamu Coba

Foto: Free Images Pixabay

Tahukah kamu program diet yang paling aman sekaligus menyehatkan yang dapat dilakukan dengan mudah?. Sebenarnya kita tidak perlu melakukan program diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Hanya dengan mengikuti kebiasaan Rasulullah seperti pola makan sehat yang dilakukan oleh Rasulullah kiat akan mendapatkan tubuh yang ideal sekaligus sehat. Karena Rasulullah adalah tauladan yang paling baik dalam berbagai hal.

 

Nah, bagaimana cara agar kita dapat memiliki tubuh ideal dan menyehatkan? Berikut pola diet sekaligus pola makan sehat yang diajarkan Rasulullah.

 

1.      Makan Dengan Prinsip Sepertiga Bagian

Dalam hal makanan prinsip yang digunakan Rasululla adalah sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk bernafas. Dalam urusan makanan, Rasulullah tidaklah berlebih-lebihan. Beliau hanya meminta rezeki makanan secukupnya. Hal ini mengajarkan kita agar jangan berlebih-lebihan dalam hal menyantap makanan dan minuman, cukup dengan secukupnya saja. Karena Rasulullah mengajarkan kepada kita bahwa makanan dalah salah satu sumber penyakit, maka janganlah berlebih-lebihan.

 

 

2.      Memakan Makanan Halal dan Sehat

Bukan hanya masalah seberapa banyak makanan yang kita makan, namun seberapa besar gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Makanan yang halal adalah makanan yang baik yang akan membuat tubuh kita sehat dan bugar. Makan yang baik belum tentu halal namun makanan yang halal sudah tentu baik. Dalam hal makanan, Rasulullah sangat menyukai makanan organik. Bebrapa sayur favorit Rasulullah yaitu mentimun, labu dan semangka.  Beliau juga suka makan kurma, minum air putih dan segelas susu segar.

 

 

3.      Cukupi Kebutuhan Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih bermanfaat untuk membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh. Karena air putih adalah kebutuhan primer maka dari itu memperbaiki kebiasaan minum air putih agar tubuh menjadi lebih sehat. Rasululah juga suka minum air putih.

 

 

4.      Berpuasa

Puasa adalah cara efektif untuk mengatur pola makan, juga mengistirahatkan oragan pencernaan. Setidaknya dengan berpuasa akan mengurangi tunpukan lemak yang berlebihan yang menyebabkan kelebihan berat badan. Namun jangan pernah menitik beratkan niat ibadah puasa hanya karena ingin menurunkan berat badan. Niatkanlah puasa dengan murni karena Allah SWT.

Rasullullah mengajarkan untuk membatasi makan, salah satunya dengan melakukan ibadah puasa. Dengan berpuasa akan membantu untuk menahan nafsu terutama dalam masalah makanam dan minumam. Namun intinya adalah jangan makan dan minum dengan berlebihan.

 

 

5.      Jangan Tidur Setelah Makan

Tidur setelah makan merupakan kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Di saat kita merasa lapar perut akan menuntut untuk di isi dengan banyak makanan hal ini menyebabkan kita makan dengan sangat kenyang. Namun kemudian akibat makan sangat kenyang muncul rasa ngantuk. Kebiasaan Rasulllah adalah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Hal inilah yang dilakukan Rasululah agar setelah makan tidak muncul rasa ngantuk akbiat kekenyangan. Selain itu Rasulullah selalu melakukan kegiatan setelah makan untuk menghindari hal tersebut.

 

Demikian artikel diet sehat ala rasululah, semoga bermanfaat dan dapat diamalkan sekaligus memberi informasi yang positif.

 

(JOB-01/ HAP)



You can share this post !