INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Bunga Lavender, Tanaman Kaya Manfaat yang Wajib Ada di Rumah

21 September, 2020 15:37 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Bunga Lavender, Tanaman Kaya Manfaat yang Wajib Ada di Rumah

Foto : Free Images Pixabay

Siapa yang tidak tahu dengan bunga lavender. Bunga yang dalam keluarga rerumputan ini memiliki daun yang menyirip dan di tutupi bulu-bulu halus. Umumnya bunga ini berwarna ungu namun Bunga ini juga memiliki warna lain seperti biru, putih dan kuning.


Bunga lavender yang dikenal dengan bunga pengusir nyamuk ini sangat di sarankan untuk ada di rumah. Warna ungu kebiruan yang ada pada bunga ini menjadi daya tarik tersendiri bagi bunga yang termasuk dalam famili Lamiaceae.

 

Bunga lavender ini sendiri telah lama dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Selain itu kandungan essential oil yang bukan hanya mampu mengusir serangga juga bermanfaat bagi kesehatan. Seperti menghilangkan stres dan kecemasan, mengobati diabetes hingga mencegah kanker. Bahkan bunga lavender juga berguna untuk kecantikan. Karena memiliki kaya manfaat tanaman ini dianggap sebagai tanaman ajaib.

 

Tak hanya membuat tampilan rumah semakin indah, bunga lavender juga mempunyai beragam manfaat. Berikut manfaat yang kamu dapatkan jika menanam bunga lavender di rumahmu.

 

1.      Aromaterapi Pembebas Stres

Wangi yang khas dari bunga Lavender menjadikannya sering digunakan sebagai aromaterapi. Aromanya yang mengandung anti-neurodepresive  diyakini mampu meningkatkan susana hati dan ketenangan sehingga dapat mengurangi stres, kecemasan dan rasa sakit yang ringan. Bahkan efek dari sedasi  dari penggunaan aromaterapi bunga lavender di malam hari dapat membantu tidur lebih cepat.

Kamu bisa menggunakan minyak esens bunga lavender di bak mandimu untuk merasakan relaksasi atau kamu dapat meminum teh dari bunga lavender untuk merasakan aroma yang  menenangkan secara langsung.

 

 

2.      Pengharum Alami di Dalam Ruangan

Bunga lavender termasuk bunga dengan aroma yang kuat. Maka dari itu satu pot kecil saja dapat membuat penjuru ruangan terasa lebih harum. Meletakan bunga lavender di beberapa ruang seperti ruang keluarga dan kamar tidur dapat membuat suasana menjadi lebih menyenangkan. Selain itu kamu juga bisa mengekstrak bunga lavender menjadi sabun organik untuk membuat tubuhmu menjadi wangi.

 

3.      Dikonsumsi Sebagai Teh

Jika kamu bosan dengan teh yang kamu minum, kamu bisa mencoba meracik bunga lavender menjadi teh. Jika diminum secara teratur, teh bunga lavender ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan sistem pencernaan dan pernafasan. Bunga lavender juga mengandung senyawa polifenol yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

 

Sebuah studi dalam Journal Of Alternatif and Complementary Medicine menemukan bahwa penggunaan lavender secara topikal dapat mengurangi keparahan menstruasi.

 

4.      Untuk Perawatan Tubuh

Seperti yang telah kamu  tahu sebelumnya bunga lavender mengandung minyak esensial. Minyak ini terdapat pada bulu- bulu halus pada daun bunga lavender. Kamu bisa mengekstrak minyak tersebut dan memanfaatkannya untuk merawat tubuh. Mengoleskan minyak ini  pada kepala dapat membuat rambut tumbuh lebih lebat, mencegah kerontokan, mengatasi ketombe hingga kutu rambut. Minyak esensial bunga lavender juga bisa mengembalikan pH kulit ketika di oleskan pada kulit sehingga dapat menyembuhkan iritasi kulit  dan melembapkan kulit yang kering.

 

5.      Pengusir Nyamuk

Tentu hal ini sudah tidak diragukan lagi. Mengusir nyamuk atau hewan kecil lainnya seperti tungau adalah manfaat utama dari bunga lavender. Aroma yang dikeluarkan oleh bunga lavender mengandung linalool dan linalyl asetat hal inilah yang membuat bunga lavender tidak disukai oleh nyamuk.

 

Nah itu dia manfaat yang didapatkan jika menanam bunga lavender dirumah. Selain menjadikan rumah menjadi indah kamu juga bisa merasakan berbagai manfaat. Bagaimana? Tertarikah untuk menanam bunga lavender dirumah? (JOB-01/ MSN)

You can share this post !