INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tempat Ini Masih Jadi Ikon Kota Bandung di Usia ke 210 Tahun

25 September, 2020 12:16 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Tempat Ini Masih Jadi Ikon Kota Bandung di Usia ke 210 Tahun

Foto: Humas Pemkot Bandung

Kota Bandung diresmikan sebagai ibu kota baru Kabupaten Bandung berdasarkan surat keputusan tanggal 25 September 1810, yang hingga saat ini diperingati sebagai Hari Jadi Kota Bandung. Hal itu terjadi saat dibawah kepemimpinan Bupati R. A. Wiranatakusumah II, yang disebut juga pendiri (The Founding Father) Kota Bandung.

 

Walaupun belum berusia lama dibandingkan dengan kota lainnya, tetapi Kota Bandung sudah menoreh berbagai prestasi diantaranya di bidang pariwisata dan disebut sebagai kota kreatif. Dari seluruh titik di Kota Bandung, tedapat jalan dan juga tempat yang identik dengan Kota Bandung.

 

Lalu dimana saja ya lokasi-lokasi tersebut, berikut ulasannya.

 

Alun-Alun dan Masjid Raya Kota Bandung

 

Wajah baru Alun-Alun Kota Bandung saat ini terhampar dengan luasnya rumput sintetis berwarna hijau didepan Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat (Dulu dikenal sebagai Mesjid Agung Alun-Alun), di Jalan Dalem Kaum Kota Bandung. Dua objek tersebut seakan tak terpisahkan karena sudah bersatu padu menjadi ikon Kota Bandung, Dua Menara masjidnya yang menjulang tinggi dan terhamparnya rumput sintetis seolah menjadi sebuah kombinasi yang ciamik sehingga menarik banyak wisatawan.

 

Gedung Sate

 

Ciri khasnya yag berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya, telah lama menjadi tanda Kota Bandung, tak hanya dikenal masyarakat Jawa Barat, tetapi juga seluruh Indonesia bahkan model bangunan itu dijadikan pertanda bagi beberapa bangunan dan tanda-tanda kota di Jawa Barat. Mulai dibangun tahun 1920, gedung berwarna putih ini masih berdiri kokoh dan kini berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan Jawa Barat.

 

Gedung Merdeka

 

Gedung bersejarah ini pernah digunakan sebagai tempat Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika tahun 1955. Kini, Gedung Merdeka digunakan sebagai museum yang memamerkan berbagai benda koleksi dan foto Konferensi Asia-Afrika yang merupakan cikal bakal Gerakan Non-Blok pertama yang pernah digelar tahun 1955.

 

Jalan Braga

 

Jalan Braga adalah nama sebuah jalan utama di Kota Bandung, Indonesia. Nama jalan ini cukup dikenal sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Sampai saat ini nama jalan tersebut tetap dipertahankan sebagai salah satu maskot dan objek wisata kota Bandung yang dahulu dikenal sebagai Paris van Java.

 

Bagaimana familiarkan dengan tempat-tempat tersebut? Jika Anda wisatawan luar kota dan hendak berkunjung ke Kota Bandung setelah masa pandemi berakhir, tidak afdol rasanya tidak mengunjungi tempat-tempat diatas. Tak hanya terkenal dengan keindahannya, Kota Bandung pun memiliki banyak sejarah yang menarik untuk kita pelajari. (JOB-02/MSN)    

You can share this post !