INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Yuk Intip Berbagai Manfaat Bunga Telang

25 September, 2020 14:25 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Yuk Intip Berbagai Manfaat Bunga Telang

Foto: Pixabay

Bunga telang (Clitoria ternatea) banyak dicari oleh masyarakat, pasalnya belakangan ini bunga telang mencuri perhatian akan berbagai olahan dan manfaatnya, salah satu diantaranya yang sedang viral adalah minuman yang berwarna biru menggoda khas bunga telang.

 

Bunga ini diklaim miliki berbagai manfaat dan menurut studi jurnal yang berjudul ‘Tinjauan Manfaat Bunga Telang (clitoria ternatea l.) Bagi Kesehatan Manusia’ karya Abdullah Muzi Marpaung dalam terbitan Journal of Functional Food and Nutraceutical1(2), 63-85, Kelopak biru bunga telang , khususnya, menunjukkan berbagai aktivitas fungsional termasuk sebagai antioksidan, antidiabetik, antiobesitas, antikanker, antiradang, dan antibiotik. 

 

Lalu apa saja ya manfaat yang terkandung dalam bunga ini? Berikut manfaatnya bagi tubuh.

 

Bunga Telang Bisa Mengurangi Rasa Cemas

 

Kembang telang memiliki efek meredam gangguan kesehatan mental dan anti depresan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi berjudul Clitoria Ternatea and The CNS yang menunjukkan dampak biologis dari stres pada tikus setelah dikonsumsi dalam dosis 400mg/kg. Hasil penelitian lainnya yang dirilis dalam jurnal Ancient Science of Life, begitu memuaskan jika diminum bersamaan dengan aktivitas yoga. Bahkan, dalam satu sesi yoga saja, konsumsi bunga telang bisa mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder).


Meningkatkan Daya Ingat

 

 

Ekstrak bunga telang, terbukti meningkatkan kadar asetilkolin, dalam otak tikus. Asetilkolin adalah neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang memegang peranan vital, dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.

 

Mengandung Antioksidan

 

Antioksidan adalah zat penting, yang bisa memproteksi sel sehat, di dalam tubuh. Selama ini, para peneliti berusaha untuk mencari zat antioksidan, dalam bentuk bunga atau tumbuhan, seperti dari bunga telang.Dalam sebuah studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstrak metanol yang dikandung bunga telang, sangat berpotensi untuk menjadi sumber antioksidan

 

 Mengandung Antidiabet

 

Diabetes Mellitus (DM) merupakan gangguan metabolik yang ditandai oleh terjadinya hiperglikemia (gula darah tinggi), dislipidemia (gangguan metabolism lipoprotein), dan metabolism  protein  abnormal  akibat  terganggunya sekresi dan atau kerja insulin. Manfaat bunga telang dalam mengobati diabetes terdapat dalam berbagai penelitian bahwa pemberian  ekstrak  air  bunga  telang  secara oral (400 mg/kg berat badan) kepada tikus percobaan menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin, serta meningkatkan insulin.

 

Nah bagaimana tertarik mencoba olahan dari bunga telang? Selain bewarna biru cantik alami, bunga ini memiliki ragam manfaat. (JOB-02/MSN)

You can share this post !