INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Suka Naik Gunung? Berikut Manfaat yang Kamu Dapat

27 September, 2020 11:40 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Suka Naik Gunung? Berikut Manfaat yang Kamu Dapat

Foto: Free Images Pixabay

Mendaki Gunung adalah salah satu kegiatan ekstrim yang menyenangkan. Kita akan disuguhi dengan keindahan alam dan udara segar selama di perjalanan menuju puncak yang akan dituju. Kegiatan mendaki gunung ini juga menjadi salah satu aktivitas favorit saat liburan dikalangan anak muda bahkan keuarga.

 

Karena mendaki gunung adalah olahraga ekstrim maka sebelum melakukannya tentu kita harus mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan. Selain peralatan, kondisi fisik yang sehat menjadi modal utama untuk melakukan kegiatan ini. Kegiatan mendaki adalah kegiatan yang memerlukan kekuatan fisik. Baik kekuatan tubuh bagian atas maupun bagian bawah.

 

Selain sebagai hobi, tidak sedikit orang yang menjadikan mendaki gunung sebagai gaya hidup sehat mereka. Manfaat mendaki gunung bukan hanya dari segi fisik namun juga dari sisi mental. Selain menghilangkan penat, kegiatan ini juga menghadirkan efek yang lebih besar bagi jiwa.

 

Berikut manfaat yang kamu dapatkan dengan mendaki gunung dalam segi kesehatan fisik

 

Memperkecil Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Mendaki gunung hampir sama dengan kardio dan sangat baik dalam melatih otot jantung. Melakukan kardio dengan mendaki gunung terbukti dapat menurunkan tekanan darah empat sampai sepuluh poin, mengurangi bahaya penyakit jantung, diabetes dan stroke bagi mereka yang memiliki resiko tinggi untuk penyakit tersebut.

 

Perjalanan selama mendaki membutuhkan tenaga yang besar. Hal ini membuat kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari aktifitas biasanya sehingga membentuk kekuatannya.

 

Memperkecil Risiko Osteoporosis

Perjalan selama dalam pendakian bisa dikatakan tidak sebentar. Selama pendakian kita akan menjalankan beberapa kegiatan sekaligus, seperti berjalan kaki, menaiki tangga dan berjemur di bawah sinar matahari. Jika hal ini dilakukan secara rutin maka bisa memperkuat otot kaki dan dapat berpengaruh pada kekuatan tulang sehingga mampu memperkecil risiko terkena Osteoporosis.

 

Menurunkan Berat Badan

Manfaat mendaki bagi kesehatan dapat menjadi salah satu olahraga yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena kalori yang terbakar saat melakukan kegiatan pendakian sangatlah besar.  

 

Meningkatkan Stamina

Karena dilatih untuk bertemu dengan suhu pegunungan yang selalu berubah dan kadang tidak bisa diprediksi . membuat daya tahan tubuh saat mendaki selalu berusaha untuk menyesuaikan diri, kemudian menjadi daya tahan tubuh yang semakin kuat.

 

Selain manfaat fisik, kamu juga mendapatkan manfaat mendaki gunung secara mental yaitu

 

Menghilangkan Stress

Faktanya, kinerja otak berpengaruh pada tubuh jika otak telah penat dan stres maka tubuh pun akan melemah. Pemandangan indah yang ditawarkan saat melakukan pendakian akan membantu menghilangkan segala kepenantan yang didapatkan dalam pekerjaan. Meskipun lelah selam perjalanan tapi tubuh dan pikiran akan menjadi rileks dan santai.

 

Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Mendaki gunung terbukti dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah karena kegiatan ini memerlukan fokus dan konsentrasi yang besar. Kegiatan ini akan membuat kita melupakan kerumitan pekerjaan karena pikiran hanya akan diajak untuk fokus pada mendaki saja.

 

Menemukan Inspirasi

Pemandangan yang indah dan udara yang segar pasti membuat otak kita menjadi fresh dan mood membaik. Dalam keadaan inilah biasanya ide-ide baik bermunculan. Dengan mendaki sudah ada yang menciptakan lagu, menulis buku, membuat film dan masih banyak lagi. Maka dari itu gunung dan pemandangan yang indah merupakan tempat lahurnya seribu inspirasi.

 

Menciptakan Jiwa Sosial

Mendaki gunung tidak lengkap tanpa ditemani oleh orang lain, sekalipun itu adalah orang yang belum dikenal sebelumnya. Hal ini tidak jarang akan menumbuhkan rasa kebersamaan, bahkan memunculkan kebersamaan baru di antara sesama pendaki gunung lainnya. Ada saatnya kita akan membutuhkan bantuan dan orang lain akan membantu kita dan sebaliknya. Tolong menolong yang kita lakukan dengan orang lain selama perjalanan akan menumbuhkan jiwa sosial yang kuat.

 

Selain yang dituliskan di atas, masih banyak manfaat dari mendaki dan tidak bisa dijelaskan satu persatu. Nah tunggu apa lagi, ayo mendaki. Persiapkan diri, atur jadwal dan ingat, cintai alam maka alam akan membala snya dengan lebih indah untuk kita.

 

 (JOB-01/HAP)



You can share this post !