INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Cara Minum Menyehatkan Ala Rasulullah

27 September, 2020 13:27 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Cara Minum Menyehatkan Ala Rasulullah

Foto: Free Images Pixabay

 

Minum adalah kegiatan rutin yang harus kita lakukan setiap hari karena minum merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang harus kita cukupi. Tubuh yang cukup akan cairan tidak akan mudah dehidrasi dan akan mempermudah dalam metabolisme tubuh.

 

Cairan yang masuk ke dalam tubuh selain menambah energi bagi tubuh juga memiliki manfaat untuk menghilangkan dahaga, menyegarkan tenggorokan, menghilangkan racun dan menambah oksigen. Namun untuk minum itu sendiri mempunyai tatacara tersendiri. Banyak yang belum mengetahui tatacara minum yang baik dan menyehatkan untuk tubuh. Dalam hal ini Islam sudah mengajarkan memalui Rasulullah semasa hidupnya.

 

Selain bernilai ibadahh, mengikuti tatacara minum air yang diajarkan oleh Rasulullah juga memiliki unsur kebaikan untuk kesehatan apabila dilakukan. Inilah tatacara yang dilakukan Rasulullah ketika minum air.

 

1.      Membaca Bismillah

Rasulullah selalu memulai segala sesuatu dengan membaca bismillah. Membaca bismillah adalah pengakuan bahwa apa yang kitalakukan diniatkan karena Allah  SWT dan tercatat sebagai amal ibadah. Selain itu membaca bismilah untuk makan dan minum juga dikuatkan untuk mencegah setan ikut masuk kedalam tubuh kita.

 

 

2.      Menggunakan Tangan Kanan

Rasulullah makan dan minum menggunakan tangan kanan. Sebagaimana dalam hadist beliau.

 

“ Jika salah seorang dari kalian akan makan, hendaknya dia makan dengan tangan kananya, dan juka akan minum hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” ( HR. Muslim)

 

 

3.      Minum Duduk, Jangan Berdiri

Dalam hal ini islam telahmemerintahkan untuk minum sambil duduk, namun seringkali diabaikan. Padahal Rasulullah telah melarangnya.

“ Janganlah sekli-kali salah seorang dari kalian minum sambil berdiri, barang siapa lupa, hendaklah dia memuntahkannya.” (HR. Muslim).

 

 

Mengapa Rasululah melarang hal demikian? Tentu saja hal ini ada manfaatnya. Jika minum sambil berdiri, maka air akan masuk ke tubuh tanpa ada proses penyaringan terlebih dahulu. Tapi, saat minum sambil duduk, air akandisaring terlebihbdahulu kemudian akan di alirkan ke pos-pos penyaringan sebelum masuk ke ginjal.

 

 

4.      Jangan Bernafas di Dalam Gelas

Rasulullah melarang kita untuk bernafas saat minum di dalam gelas. Hal ini dilakukan untuk menghindari jatuhnya kotoran yang jatuh dari dalam perut yang keluar melalui hidung ataupun mulut.

“ Jika kalian minum, maka janganlah mengambil nafas dalam air minumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Namun jika memang diantara umatnya ada yang terpaksa bernafas maka di anjurkan untuk mengangkat gelas tersebut terlebih dahulu dan menjauhkannya dari mulut. Dianjurkan juga untuk mengambil nafas tiga kali di luar gelas.

“ Rasulullah SAW bernafas tiga kali (diluar) ketika sedang minum.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

 

5.      Tidak Minum dari Teko

“ Jangan;ah kalian minum dalam satu bejana dengan satu kali teguk , sebagaimana minumnya keledai. Namun minumlah dalam dua teguk-dua teguk atau tiga teguk- tiga teguk. Sebutlah nama Allah ketika kalian hendak minum., dan ucapkanlah Alhamdulilah ketika lepas dahaga kalian.” (HR. Bukhari).

 

 

Larangan minum air langsung dari teko dimaksudkan karena dapat membuat orang tersebut terengah-engah sehingga bernafas di dalam wadah air, sehingga tidak bisa mengatur seberapa banyak air itu masuk kedalam mulut.

 

 

6.      Mengucapkan Hamdalah Setelah Minum

Ucapan alhamdulilah mengartikan bahwa kita telah bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Jangan mencelanya karena sesuatu yang didapatkan merupakan berkah yang harus selalu disyukuri.

“ Rasulullah SAW tidak pernah mencela makanan sama sekali.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

 

Adab minum ini berlaku untuk minum apapun, bukan hanya minum air putih saja. Dengan mengetahui cara minum Rasulullah, semoga kita dapat meneladaninya. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

 

 

(JOB-01/ HAP)



You can share this post !