INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mendikbud Instruksikan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Upacara Digelar Virtual

01 October, 2020 11:28 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Mendikbud Instruksikan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Upacara Digelar Virtual

Foto: Kemendikbud RI

BANDUNG INSPIRA.TV,- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengeluarkan surat instruksi penyelenggaraan upacara Hari Kesaktian Pancasila. Upacara ini digelar secara virtual dan dihadiri para pejabat, Kamis (1/10/2020).

 

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat pusat dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya. Namun, mengingat situasi pandemi Covid-19 saat ini, Nadiem menghimbau para pejabat di tingkat pusat untuk mengikuti peringatan tersebut secara virtual.

 

Selain itu dalam surat instruksi tersebut, Ia meminta setiap kantor instansi pusat dan daerah, Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, serta seluruh komponen masyarakat Indonesia mendengar pidatonya dan pada 30 September 2020 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan saat 1 Oktober 2020 pukul 06.00 waktu setempat bendera berkibar satu tiang penuh.

 

Dalam pidato Mendikbud, Ia menuturkan di masa pandemi seperti ini, saat semua mengalami krisis kesehatan, ekonomi dan krisis pembelajaran, sila pancasila justru terlihat jelas di masyarakat Indonesia, seperti hal pengorbanan tenaga medis yang mempertaruhkan nyawanya setiap hari untuk menyelamatkan pasien Covid-19

 

“Pada hari ini kita mengingat sejarah kita, betapa besar pengorbanan nenek moyang kita untuk bangsa ini dan kalau kita melihat dengan seksama kita bisa menyadari bahwa Kesaktian Pancasila terus sejarah daging di generasi kita. Di masa krisis seperti ini lilin-lilin Pancasila menerangi kegelapan di mana-mana,” ujarnya.

 

Tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini adalah Indonesia Berlandaskan Pancasila. Hal ini merupakan kesempatan untuk melakukan refleksi diri untuk mengenal pancasila sebagai falsafah negara dan ideologi bangsa.

 

“Pandemi ini menantang negara kita dan menguji ketangguhan kita sebagai rakyat indonesia. Pancasila sebagai pusaka negara Indonesia harus menyala di hati kita masing-masing dalam setiap perbuatan kecil dan besar yang bisa kita lakukan bagi sesama,” pungkasnya. (JOB-02/HAP)

You can share this post !