INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Indahnya Menahan Rasa Sabar

01 October, 2020 14:23 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Indahnya Menahan Rasa Sabar

foto : ilustrasi

Sabar adalah menahan diri dari segala sesuatu ujian yang tuhan berikan, bentuk ujiannya sangat bermacam-macam misalnya, sabar menahan diri dari ujian yang Allah SWT berikan, sabar kepada manusia, sabar kepada kemaksiatan, sabar kepada diri sendiri dalam menahan emosi, dan masih banyak sekali ujian dari menahan rasa sabar.

 

Namun, perlu kalian ketahui menahan rasa sabar adalah kunci dari kebahagiaan hamba. Dengan kesabaran itu akan terjaga dari kemaksiatan konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan. Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Kedudukan sabar dalam iman laksana kepala bagi seluruh tubuh. Apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh.” (Al Fawa’id, hal. 95)

 

Allah SWT menjanjikan orang-orang yang sabar menuai kesudahan yang baik setelah melewati cobaan dan ujian yang diberikan. Janji Allah ini terdapat dalam surat Hud ayat 49 dan Ar-ra'd ayat 22.


"Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik)," surat Ar-Ra'd ayat 22.

 

Allah SWT juga bakal memberikan keberuntungan bagi orang-orang yang sabar, sesuai dengan surat Ali Imran ayat 200.


"Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung," surat Ali Imran ayat 200.

 

Sesuai surat Ali Imran ayat 146, Allah SWT berfirman Allah menyukai orang-orang yang sabar.


Dalam surat Al-Anfal ayat 46 dan Al-Baqarah 249 disebutkan bahwa Allah SWT bersama orang-orang yang sabar.

 

Allah bakal memberikan kabar gembira, petunjuk, berkah, dan rahmat-Nya kepada orang-orang yang sabar. Hal ini sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 155-157.


"... Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun". Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk," surat Al-Baqarah ayat 155-157.

 

Di akhirat, Allah menjanjikan martabat yang tinggi bagi setiap orang yang menjalani kehidupan di dunia dengan sabar.


"Mereka itulah orang yang dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya," Alquran surat Al-Furqan ayat 75.


(JOB-04/MSN)



You can share this post !