INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Batik

03 October, 2020 15:41 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Batik

Foto : Istimewa

Batik merupakan warisan indonesia yang sangat terkenal bahkan ke mancanegara, batik sangat mendarah daging bagi Indonesia. Bahkan Indonesia memiliki peringatan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober yang sudah termasuk dalam perayaan berskala nasional Indonesia.

 

 

Ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO menjadi sebuah pembuktian kalau Indonesia punya segudang warisan budaya yang patut dibanggakan.

Dan berikut fakta menarik tentang batik

 

 

1. Asal Mula Nama Batik 

 

Batik memiliki makna di balik namanya. Bukan hanya asal sebut lalu dinamai batik, lho. Kata “Batik” sendiri ternyata berasal dari kombinasi dua bahasa Jawa “amba”, yang berarti “menulis” dan “tik” yang berarti “titik”. Bila digabungkan dan diartikan berarti menulis titik.

 

Yup, batik sendiri dibuat dengan cara dicanting. Canting sendiri berasal dari bahasa Jawa dan merupakan alat yang dipakai untuk memindahkan atau mengambil cairan yang khas digunakan untuk membuat pola dan motif batik.

 

2. Batik langka yang sempat dikoleksi Museum Troupen, Belanda

 

Museum ini dibangun oleh Santosa Doelah, pendiri perusahaan batik Danarhadi. Nah, sebanyak 10 ribu kain batik koleksinya itu dikumpulkan selama 30 tahun lebih. Sekitar 1.500 kain di antaranya diambil sendiri dari seorang kurator di Museum Tropen, Belanda.

 

“Batik-batik itu, kan punya kita, mengapa bisa ada di Belanda? Nah, Pak Doelah lalu mengambilnya kembali. Tapi karena jumlahnya banyak, waktu itu ngambilnya sedikit-sedikit,” kata Kurator museum, Raden Ayu (RAy) Febri Hapsari Dipokusumo, kepada IDN Times, Sabtu (20/4).

 

3. Motif dan Ragam Pola Batik Khas Indonesia

 

Tahukah kamu kalau selama ini batik memiliki motif dan pola yang berbeda untuk masing-masing daerah di Indonesia? Ternyata, dalam hal tersebut, ragam gaya dan warna dipengaruhi budaya asing.

 

Mulanya, pada awal lahirnya batik, mereka memiliki corak dan warna yang terbatas. Selain itu, beberapa pola hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu (seperti kalangan bangsawan dan lainnya). Namun, pada saat itu batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing yang datang ke Indonesia dan juga para penjajah.

 

4. Batik Menjadi Fashion Dunia

 

Kala itu, anak bangsa mulai pandai melihat peluang membawa budaya Indonesia semakin dikenal di dunia. Salah satunya adalah membawa batik ke ajang Miss Universe.

 

Lebih tepatnya, di ajang Miss Universe 2018 ketika Bunga Jelitha Ibrani, salah satu puteri Indonesia 2017 mengenakan batik Banyuwangi dalam ajang pemilihan ratu Internasional tersebut. Membanggakan, bukan?

 

5. Salah Satu Penyumbang Devisa yang Besar bagi Indonesia

 

Ternyata, batik kini sudah terdengar jauh ke seluruh penjuru mancanegara, lho.

 

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya tokoh-tokoh besar luar negeri yang mengenakan batik seperti Nelson Mandela hingga Kate Middleton bahkan Heidi Klum.

 

Bukan hanya mereka, Diane von Furstenberg, Burberry Prorsum, Nicolle Miller, dan Dries van Noten merupakan sederet nama perancang kenamaan dunia yang pernah menggunakan batik untuk rancangan mereka.

 

 (JOB-04/HAP)



You can share this post !