INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ini Fakta- Fakta Pembalut yang Harus Perempuan Tahu

04 October, 2020 08:30 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Ini Fakta- Fakta Pembalut yang Harus Perempuan Tahu

Foto: Free Images Pixabay

Pembalut selalu identik dengan perempuan karena selalu menjadi teman setia setiap bulan. Rasanya barang ini selalu menjadi yang terpenting. Sebagai pengguna setia, tentunya setiap perempuan harus mengenal lebih dalam mengenai pembalut.



Pembalut merupakan alat yang digunakan perempuan saat menstruasi yang berfungsi untuk menyerap darah dari vagina supaya darah tidak menyebar kemana-mana. Lalu apa saja fakta-fakta tentang pembalut? Yuk baca ulasan di bawah ini sampai habis.



Kemasan pembalut tidak memiliki tanggal kadaluwarsa, namun memiliki tanggal produksi. Pembalut akan kadaluwarsa setelah tiga tahun setelah tanggal produksi. Meski demikian, pembalut akan cepat kadaluwarsa jika disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan tempat yang lembab. Pastikan menyimpan pembalut di tempat yang sejuk ya.



Selain itu, pembalut tidak baik digunakan setelah empat jam. Pemakaian pembalut yang terlalu lama dapat menjadi sarang bakteri. Bakteri dapat menyebabkan masalah pada area intim, seperti ruam, gatal, dan infeksi. Oleh karena itu, kamu harus rajin ganti pembalutmu agar terhindar dari penumpukan bakteri, apalagi jika cairan yang keluar sedang banyak-banyaknya. 



Pembalut yang disimpan lama dalam suatu tempat juga dapat menyerap kotoran di sekitarnya. Kotoran seperti debu dapat menjadi kuman dan bakteri yang menyebabkan iritasi pada vagina. Oleh karena itu, disarankan untuk memakai pembalut yang masih baru.



Pembalut pun terdiri dari berbagai jenis seperti bersayap, tidak bersayap, khusus siang, dan malam. Pembalut saat siang umumnya tidak begitu panjang. Berbeda dengan pembalut saat malam hari yang didesain lebih panjang untuk kenyamanan saat tidur di malam hari. Kamu harus tahu pembalut yang membuatmu nyaman untuk beraktivitas. Hindari memakai dua pembalut sekaligus karena dapat meningkatkan kelembapan di area intim. Kelembapan yang tinggi dapat menumpuk kuman serta bakteri.



Selain itu, aroma tak sedap yang ditimbulkan cairan membuat beberapa perempuan memakai pembalut yang mengandung wangi-wangian untuk menyamarkan aroma tersebut. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan sebab pembalut yang mengandung wangi-wangian dapat menyebabkan iritasi pada area intim. Wangi-wangian tersebut pasti berasal dari zat kimia yang berbahaya untuk area kewanitaan. Jadi, hindari pembalut yang seperti ini ya.



Pembalut yang aman memiliki izin edar AKD atau AKL pada kemasan. Pembalut pun harus memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia) tentang pembalut yakni memiliki daya serap minimal 10 kali dari bobot awal dan tidak berfluoresensi kuat. Berfluoresensi artinya terpancarnya sinar oleh suatu zat yang telah menyerap sinar.



(JOB-01/HAP)


You can share this post !