INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kesehatan Donald Trump Dipertanyakan Setelah Diberi Obat Deksametason

05 October, 2020 12:05 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Kesehatan Donald Trump Dipertanyakan Setelah Diberi Obat Deksametason

Foto : Ilustrasi

INSPIRA.TV,- Para dokter yang merawat Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memberikan deksametason untuk merespons paparan Covid-19 yang menimpa pemimpin negeri Paman Sam tersebut. Hal ini membuat tanda tanya para dokter yang tidak terlibat dalam perawatan tersebut.

 

Deksametason atau obat kortikosteroid biasanya digunakan untuk kasus Covid-19 berat. Namun dokter yang merawat Trump mengatakan deksametason untuk merespon turunnya level oksigen dalam darah.

 

"Apa yang saya dengar dalam uraian yang disampaikan dikonferensi pers menunjukkan presiden memiliki penyakit yang lebih parah dibandingkan gambaran optimistis yang diperlihatkan," kata pakar penyakit menular dari Lahey Hospital & Medical Center, Dr. Daniel McQuillen dilansirkan rri.co.id seperti dikutip dari Reuters, Senin, 5 Oktober 2020.

 

Infectious Disease Society of America mengatakan, hasil penelitian, deksametason meningkatkan daya tahan pasien Covid-19 yang sakit parah atau kritis serta membutuhkan oksigen tambahan. Tapi tidak boleh diberikan pada pasien dengan gejala ringan karena menurunkan kemampuan tubuh melawan virus.

 

Dokter yang merawat pasien Covid-19 selama beberapa bulan-bulan terakhir mengatakan Trump dapat keluar dari rumah sakit.

 

Presiden AS ke-45 itu sempat memberikan kejutan untuk para pendukungnya dengan melambaikan tangan dari dalam mobil yang berjalan sebentar di depan rumah sakit Walter Reed National Military Medical Center tempat ia dirawat.

 

"Dia tidak pulang ke rumah yang tidak memiliki fasilitas kesehatan, pada dasarnya rumah sakit di dalam Gedung Putih," kata profesor kedokteran University of Pittsburgh, Dr. Walid Gellad. (GGP)

You can share this post !