INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Telah Disahkan, Apa Sih Isi dari UU Cipta Kerja?

06 October, 2020 08:29 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Telah Disahkan, Apa Sih Isi dari UU Cipta Kerja?

Foto : Istimewa

JAKARTA INSPIRA.TV,- Dewan Perwakilan Rakyta (DPR) RI telah mensahkan Undang-undang Cipta Kerja melalui sidang paripurna yang digelar pada hari Senin (5/10) kemarin. Namun kendati sudah ketuk palu, UU ini masih terus ditentang oleh sejumlah kalangan, salah satunya kaum buruh.

 

Lantas apa maksud dari isi UU tersebut?

 

Dalam uundang-undang tersebut dijelaskan, Cipta Kerja adalah upaya penciptaan kerja melalui usaha kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan, usaha mikro, kecil, dan menengah, peningkatan ekosistem investasi dan kemudahan berusaha, dan investasi Pemerintah Pusat dan percepatan proyek strategis nasional.

 

Pada Pasal 3 disebutkan tujuannya undang-undang ini yakni untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam rangka memenuhi hak atas penghidupan yang layak melalui kemudahan dan perlindungan UMK-M serta perkoperasian, peningkatan ekosistem investasi, kemudahan berusaha, peningkatan perlindungan dan kesejahteraan pekerja, investasi Pemerintah Pusat dan percepatan proyek strategis nasional.

 

Sedangkan pada pasar 4 disebutkan:

 

(1) Dalam rangka mencapai tujuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, Undang-Undang ini mengatur mengenai kebijakan strategis Cipta Kerja.

 

(2) Kebijakan strategis Cipta Kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat kebijakan penciptaan atau perluasan lapangan kerja melalui pengaturan yang terkait dengan:

 

a. peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha;

 

b. peningkatan perlindungan dan kesejahteraan pekerja;

 

c. kemudahan, pemberdayaan, dan perlindungan UMK-M serta perkoperasian; dan

 

d. peningkatan investasi pemerintah dan percepatan proyek strategis nasional.

 

(3) Penciptaan lapangan kerja yang dilakukan melalui pengaturan terkait dengan peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a, paling sedikit memuat pengaturan mengenai:

 

a. penyederhanaan Perizinan Berusaha;

 

b. persyaratan investasi;

 

c. kemudahan berusaha;

 

d. riset dan inovasi;

 

e. pengadaan lahan; dan

 

f. kawasan ekonomi.

 

(4) Penciptaan lapangan kerja yang dilakukan melalui pengaturan terkait dengan peningkatan perlindungan dan kesejahteraan pekerja sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b paling sedikit memuat pengaturan mengenai:

 

 ‚Äč

a. perlindungan pekerja untuk pekerja dengan perjanjian waktu kerja tertentu;

 

b. perlindungan hubungan kerja atas pekerjaan yang didasarkan alih daya;

 

c. perlindungan kebutuhan layak kerja melalui upah minimum;

 

d. perlindungan pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja; dan

 

e. kemudahan perizinan bagi tenaga kerja asing yang memiliki keahlian tertentu yang masih diperlukan untuk proses produksi barang atau jasa. 

(GGP)

You can share this post !