INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Dorong Transformasi Digital, Menteri Kominfo: UU Cipta Kerja Prestasi yang Luar Biasa

06 October, 2020 16:11 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Dorong Transformasi Digital, Menteri Kominfo: UU Cipta Kerja Prestasi yang Luar Biasa

Foto: Tangkapan Layar Youtube Kominfo

JAKARTA INSPIRA.TV,- Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate menuturkan UU Cipta kerja merupakan tonggak sejarah dan berikan perubahan yang signifikan bagi sektor telekomunikasi, pos dan penyiaran yang sangat mendukung program transformasi digital nasional.


Hal ini disampaikan dalam Konferensi Pers Kominfo Tentang Kontribusi Legislasi Cipta Kerja Sektor Pos, Telekomunikasi, Dan Penyiaran terhadap Transformasi Digital, Penciptaan Lapangan Pekerjaan Baru, Dan Pertumbuhan Ekonomi Digital, Selasa (6/10/2020).

 

Dalam poin yang disampaikan Menteri Kominfo, khusus sektor telekomunikasi dan penyiaran Uu Cipta Kerja mengubah dan menambah beberapa ketentuan pada tiga Undang-undang yakni mengubah UU No. 36 Tahun 1999 Tentang Telekomunikasi, UU No.32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran, UU No.  38 Tahun 2009 Tentang Pos.


Menurutnya, tiga sektor ini menjadi pilar utama Indonesia dalam memasuki Era 4.0. Peran ini juga menjadi sentral pada masa pandemi Covid-19 dan menjadi tulang punggung ekonomi digital nasional.

 

Ada tiga hal yang sangat fundamental dalam bidang telekomunikasi dan informatika, yang pertama UU Cipta Kerja telah menembuh kebuntuan regulasi dalam bidang penyiaran yaitu dengan terealisasinya dasar hukum migrasi penyiaran TV analog ke digital, yang kedua pembahasan dan migrasi yang terkait TV analog telah berlangsung dan hambatan itu akan berakhir seiring disahkannya Uu Cipta Kerja dengan penetapan Analog Swich Off (ASO) paling lambat pada tahun 2022 yang akan berdampak pada penghematan pita frekuensi 700 megahertz yang sangat ideal untuk telekomunikasi, yang ketiga Uu Cipta Kerja memberikan dasar hukum percepatan transformasi digital.

 

“Undang-undang Cipta Kerja dengan sangat sistematik mencegah dampak dibukanya network sharing, dengan menetapkan tarif batas atas dan batas bawah, yang dimaksudkan untuk melindungi kepentingan masyarakat agar tercipta persaingan usaha yang sehat pada sektor telekomunikasi,” ujarnya.

 

Jonny menambah, pada akhirya transformasi digital Indonesia adalah transformasi yang bersaing dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Di akhir sesi Konpres Ia pun menuturkan bahwa Undang-undang ini adalah pencapaian yang luar biasa.

 

“Kesuksesan pemerintah dan seluruh pihak mendorong UU Cipta Kerja ini merupakan prestasi yang luar biasa. Mengingat Undang-Undang ini telah melewati proses Panjang dengan berbagai dinamika,” Ucap Johnny.

 

“Kami tentu berharap melihat secara keseluruhan secara holistik UU Cipta Kerja ini akan menjadi informasi yang sangat berharga bagi kita dan hindarkan diri dan jauhilah melihat UU Cipta Kerja ini hanya dari satu atau sub komponen saja,” imbuhnya. (JOB-02/HAP)

You can share this post !