INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Unggul di Bidang Maritim Sejak Dahulu, Kru Kapal Arka Kirani Singgah Ke Sulsel Lewat Jalur Rempah

06 October, 2020 16:21 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Unggul di Bidang Maritim Sejak Dahulu, Kru Kapal Arka Kirani Singgah Ke Sulsel Lewat Jalur Rempah

Foto: Free Images Pixabay

MAKASSAR INSPIRA.TV,- Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penyambutan terhadap kru kapal Arka Kirani yang terdiri dari beberapa orang asing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ditengah Covid-19, Selasa (06/10/2020).


Penyambutan tersebut sebagai bagian dari kerja samanya terkait program jangka panjang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan bertajuk 'Jalur Rempah'.


Selain untuk merealisasikan program Jalur Rempah ini, kedatangan kapal Arka Kirani ini juga berkenaan dengan misi pelayarannya yang dilakukannya ke beberapa titik di Indonesia seperti Sorong, Banda Neira, Selayar, Makassar, dan Bali.


Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Syamsu Rijal menjelaskan kehadiran program ini untuk mengangkat kembali budaya maritim Indonesia melalui rempah. Disini, rempah tidak sekedar sebagai komoditi unggulan tetapi juga menggali nilai budaya yang ada di dalamnya.


"Rempah merupakan salah satu budaya maritim yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Hadirnya program ini sebagai usaha untuk mengangkat kembali rempah bukan sebatas komuniti tapi juga mengenai nilai nilai yang ada di dalamnya," ujarnya.


Lebih lanjut, Syamsul menjelaskan bahwa kekayaan rempah rempah inilah yang akan dikemas dalam bentuk kesenian maupun pengobatan tradisional yang memiliki kaitan.


Ia menambahkan bahwa provinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu tujuan dari kapal Arka Kirani dikarenakan Sulawesi Selatan dikenal unggul dibidang maritim sejak zaman dahulu kala.


Diketahui kapal ini digawangi sepasang suami isteri, Nova Ruth dan Grey Filastine. Merupakan proyek Nova bersama sang suami dengan misi isu lingkungan, pertama diluncurkan di Laut Utara Belanda sekitar Januari silam.


Masuk ke Indonesia serta beberapa negara yang disinggahi sebelumnya untuk melewati rute perdagangan dunia yang dianggap hilang. Sebuah kehormatan sekaligus dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi SulSel untuk mensinergikan program jalur rempah.


Diawaki 9 orang, kapal itu punya makna khusus. Arka berarti Vessel dalam Bahasa Latin yang mengndung makna mempertahankan, sedang Kinari bermakna seorang musisi penjaga kehidupan yang diambil dari Bahasa Sansekerta.

(HAP)


You can share this post !