INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

UU Cipta Kerja Dukung Program Transformasi TV Analog ke Digital

06 October, 2020 19:27 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - UU Cipta Kerja Dukung Program Transformasi TV Analog ke Digital

Foto: Free Images Pixabay

JAKARTA INSPIRA.TV,-Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja sebagai Undang-Undang dalam rapat Paripurna DPR RI di jakarta, Senin (5/10/20).



Salah satu hal yang dimuat dalam UU tersebut adalah kewajiban televisi analog beralih ke televisi digital atau disebut dengan ASO (Analog Switch-Off). Hal ini diterangkan dalam pasal 60 A ayat 1 dan 2.



Pasal 60 A ayat 1 mengatakan bahwa penyelenggaraan penyiaran dilaksanakan dengan mengikuti perkembangan teknologi termasuk migrasi penyiaran dari teknologi analog ke teknologi digital. Sedangkan ayat 2 mengatakan bahwa penghentian siaran analog (ASO) diselesaikan paling lambat 2 tahun sejak mulai berlaknya UU Cipta Kerja.



“Dengan terealisasinya dasar hukum migrasi penyiaran TV analog ke digital dan kepastian tenggat waktu ASO, indonesia dapat segera mengejar ketertinggalan dari negara lain dalam pemanfaatan digital dividend spektrum frekuensi radio di pita 700MHz yang dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan, kesehatan, penanganan kebencanaan serta kepentingan Digitalisasi Nasional,” jelas Menteri Kominfo Johnny dalam Konferensi Pers Virtual di Aula Anantakupa kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa( 6/10/2020).



Menteri Kominfo juga menyatakan ASO juga menghilangkan potensi interferensi frekuensi antara negara yang berbatasan, khususnya di ASEAN yang telah seluruhya sepakat untuk migrasi siaran TV analog ke digital.



“Seperti diketahui bahwa saat ini Indonesia sangat tertinggal dari negara lain di bidang siaran TV digital hampir 90 persen negara di dunia telah menghentikan siaran tv analog yang sangat boros pita frekuensi radio, energi, serta tampilan fiturnya yang kurang optimal,” lanjut Johnny.



Amerika Serikat telah menghentikan siaran analog sejak Juni 2009. Disusul Jepang dan Kanada pada 2011. Satu tahun kemudian, Inggris, Irlandia, dan Korea Selatan memutuskan mengganti televisi analog menjadi digital. Pada 2013, Australia pun mengikuti jejak negara-negara lain.



Pada tahun lalu, negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia telah menyelesaikan migrasi televisi menjadi digital. Masyarakat di negara-negara tersebut dapat menikmati tayangan televisi degan kualitas gambar dan suara yang lebih baik.



Digitalisasi dicanangkan bukan tanpa alasan. Digitalisasi dapat membuat masyarakat menikmati lebih banyak konten dan menjadi saluran bagi masyarakat untuk menampilkan kreativitas.


(JOB-01/MSN)



You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN