INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kejujuran Dibalas Kebohongan, Apa yang Harus Dilakukan?

08 October, 2020 12:04 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Kejujuran Dibalas Kebohongan, Apa yang Harus Dilakukan?

Foto: Free Images Pixabay

Setiap perilaku manusia diatur oleh Sang Pencipta di dalam Al-Qur’an serta didukung oleh berbagai sabda Nabi dalam hadits. Satu perilaku yang seringkali dibicarakan adalah jujur. Bahkan jujur menjadi salah satu sifat teladan yang dimiliki nabi. Sejak kecil, kita sudah diajarkan untuk senantiasa jujur kepada orang tua dan orang di sekitar kita.



Sebagaimana firman Allah SWT di dalam QS At-Taubah ayat 119, yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur).”



Dewasa ini kejujuran dalam hati manusia semakin menipis tanpa disadari. Banyak hal yang berhubungan dengan kejujuran yang dikamuflase. Kebohongan mulai dianggap biasa hingga diri sendiri saja menjadi korban. Kebohongan itu mengandung candu yang membuat banyak manusia terus-menerus melakukan.



Rasulullah mengatakan dalam haditsnya “Sesungguhnya kejujuran akan menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan menghantarkan kepada Surga. Seseorang yang berbuat jujur oleh Allah SWT akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya bohong itu akan menunjukkan kepada kejahatan, dan kejahatan itu akan menghantarkan ke arah neraka. Seseorang yang terus menerus berbuat bohong akan ditulis oleh Allah SWT sebagai pembohong.” (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim ).



Kebohongan memang selalu bertentangan dengan kejujuran. Ketika kejujuran dibalas dengan kebohongan memang tidak menyenangkan bak air susu dibalas dengan air tuba. Akibatnya kepercayaan mulai hilang dan rasa ragu muncul di permukaan.



Kepercayaan itu seperti gelas yang retak lalu diperbaiki. Memang menempel kembali, namun tetap saja bekas retaknya masih terlihat dengan jelas. Kepercayaan yang mulai hilang rasanya sulit untuk utuh kembali.



Dibalik kebohongan yang kita dapatkan pasti ada hikmah yang tersimpan. Coba ambil sisi positifnya. Mungkin Allah sedang menguji kamu. Mungkin Allah ingin melihat sejauh mana kamu bertahan dengan kejujuran. Mungkin Allah ingin melihat apakah kamu akan membalas orang yang telah membohongimu.



Kita hanya harus berserah diri. Sakit hati memang pasti, namun hidup tidak selesai sampai disini. Kejujuran kamu yang dibalas dengan kebohongan menjadi bagian cerita hidupmu. Bisa jadi ini proses pendewasaan dirimu. Peringatan untuk kamu agar menggunakan hati dengan sewajarnya.



Percaya saja pada ketentuan Allah Yang Maha Kuasa. Setiap perbuatan pasti ada balasannya. Hanya saja kita tak mengetahui sistem perhitungan Allah. Tetaplah bersikap jujur tak peduli apapun yang dikatakan orang lain. Tak peduli apapun balasan yang kamu dapatkan dari manusia lain. Tidak ada yang salah dari kejujuran. Kejujuran meningkatkan ketakwaanmu karena takwa selalu ada pada orang yang jujur.

(JOB-01/MSN)


You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN