INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kejagung Ungkap Tersangka Korupsi Jiwasraya Bertambah Lagi!

13 October, 2020 08:08 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Kejagung Ungkap Tersangka Korupsi Jiwasraya Bertambah Lagi!

Foto : Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA.TV,- Jaksa penyidik pada Jampidsus Kejaksaan Agung, kembali menetapkan tersangka baru dalam skandal perkara tindak pidana mega korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi di tubuh perusahaan kerah putih PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

 

Kejagung pun mengungkap dengan jelas identitas si tersangka. Ia adalah Pieter Rasiman, Direktur Utama PT Himalaya Energi Perkasa.

 

"Pada hari ini ditetapkan lagi satu orang tersangka atas nama PR," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono di kantornya, Senin (12/10/2020) kemarin.

 

Pieter ditetapkan sebagai tersangka karena diduga bekerja sama melakukan korupsi bersama dengan terdakwa Joko Hartono Tirto.

 

"Tersangka diduga melakukan kerja sama dengan terdakwa antara lain yang sudah disidangkan adalah Joko Hartono Tirto," tambahnya.

 

Jaksa penyidik menduga tersangka berperan membuat perusahaan yang digunakan untuk mengatur investasi yang dilakukan oleh para terdakwa dengan menggunakan dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya.

 

Atas perbuatannya, tersangka Pieter terancam dengan pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 UU Tipikor jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP serta pasal 3 dan 4 UU No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo. pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

 

Sementara itu, empat terdakwa pada hari Senin (12/10) kemarin juga menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

 

Terdakawa dalam kasus yang merugikan keuangan negara senilai Rp 16,807 triliun ini yaitu Direktur Keuangan Jiwasraya periode Januari 2013 hingga 2018 Hari Prasetyo, Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) periode 2008 hingga 2018 Hendrisman Rahim, Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya periode 2008 hingga 2014 Syahmirwan dan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto.

 

Sementara dua orang terdakwa lainnya yaitu pemilik PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro dan Komisaris Utama PT Trada Alam Mineral Tbk Heru Hidayat masih dibantarkan di rumah sakit karena terpapar Covid-19. (MSN)

You can share this post !