INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

DKI Jakarta Kembali Terapkan PSBB Transisi, Sejumlah Tempat Mulai Beroperasi

13 October, 2020 11:59 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - DKI Jakarta Kembali Terapkan PSBB Transisi, Sejumlah Tempat Mulai Beroperasi

Foto: Istimewa

JAKARTA INSPIRA.TV,- â€‹Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengurangi kebijakan rem darurat di Ibukota dengan cara memberlakukan kembali pembatasan sosial berskala besar atau PSBB masa transisi mulai dari 12 Oktober 2020.


Keputusan kembali PSBB transisi ditetapkan melalui Pergub no 101 tahun 2020 tentang perubahan atas Pergub no 79 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19. Menurut keterangan yang dirilis Pemprov DKI kebijakan ini diambil karena kasus covid-19 di Jakarta mulai melandai.


Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan keputusan ini didasarkan pada beberapa indikator, yaitu laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian RS Rujukan COVID-19.


"Yang terjadi selama satu bulan ini adalah kebijakan emergency brake (rem darurat) karena sempat terjadi peningkatan kasus secara tidak terkendali yang tidak diharapkan. Setelah stabil, kita mulai mengurangi rem tersebut secara perlahan, secara bertahap. Kami perlu tegaskan bahwa kedisiplinan harus tetap tinggi sehingga mata rantai penularan tetap terkendali dan kita tidak harus melakukan emergency brake kembali," kata Gubernur Anies.


Dengan memberlakukan kembali PSBB masa transisi, sejumlah tempat usaha dan pariwisata yang sebelumnya dilarang beroperasi kini boleh buka dengan syarat tertentu. Seperti restoran dine in, bioskop, upacara pernikahan, tempat pariwisata, dan tempat olahraga. Selain itu sistem ganjil genap di 25 ruas jalan DKI Jakarta sementara masih ditiadakan sampai batas waktu yang akan diinformasikan kembali.


PSBB transisi DKI ini diberlakukan mulai 12 sampai 25 oktober 2020. Jika tidak ada peningkatan kasus corona secara signifikan, PSBB transisi dapat diperpanjang. (HAP)

You can share this post !