INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Wakil Ketua MPR Dukung Aspirasi Tokoh Sunda Ganti Nama Jabar Jadi Provinsi Sunda

13 October, 2020 12:12 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Wakil Ketua MPR Dukung Aspirasi Tokoh Sunda Ganti Nama Jabar Jadi Provinsi Sunda

Foto : Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA.TV,- Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad, mendukung aspirasi beberapa tokoh yang menginginkan perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda. Tapi harus dilakukan secara terbuka dan disampaikan kepada masyarakat luas.

 

"Apa yang dilakukan oleh para tokoh dan masyarakat Sunda tersebut harus dilakukan secara terbuka, jangan 'underground'. Tinggal mengatur strateginya saja," kata Fadel dalam keterangannya, Selasa, (13/10/2020).

 

Sejumlah tokoh Sunda sebelumnya telah menggelar "Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda", di Perpustakaan Ajip Rosidi, Kota Bandung, Jawa Barat, pada hari Senin (12/10) kemarin. Fadel Muhammad diundang untuk menghadiri dialog tersebut.

 

Fadel mengatakan kehadirannya dalam diskusi tersebut untuk menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat dan merupakan salah satu tugas MPR. Menurutnya pada waktunya nanti aspirasi dari tokoh dan masyarakat Sunda akan disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia.

 

"Aspirasi mengganti nama Jawa Barat dengan Sunda merupakan semangat baru demikian akan muncul budaya daerah sehingga tidak hilang ditelan waktu,"tuturnya.

 

Penggantian nama Jawa Barat dengan Sunda, Fadel menilai hal itu sah dilakukan. Fadli Zon pun juga mengusulkan nama Provinsi Sumatera Barat diganti nama dengan Provinsi Minangkabau.

 

"Harus ada yang berani mempelopori dan berani memulai, seperti yang dilakukan oleh Fadli Zon dengan mengusulkan mengganti nama Sumatera Barat dengan Minangkabau," ungkap Fadel. ‚Äč

 

Sementara itu, anggota MPR dari Kelompok DPD, Eni Sumarni, turut mengatakan jika dirinya sebagai wakil dari Jabar di DPD, mengapresiasi pemikiran para tokoh Sunda.

 

"Nama Sunda dari dulu ada di peta dunia, saya khawatir bila nama ini tidak digunakan, Sunda bisa tergerus dan semakin menghilang. Kita dukung para tokoh Sunda yang ingin mengembalikan nama Sunda ke provinsi," katanya.

 

Dia menilai Sunda tidak hanya di tatar Pasundan, dulu ada wilayah yang bernama Sunda Besar dan Sunda Kecil. Intinya menurut dia, nama Sunda jangan sampai hilang di dunia intrernasional maupun di Indonesia sendiri. Untuk menggapai keinginan tersebut menurut Eni, dirinya melakukan dialog dengan berbagai masyarakat di Jawa Barat lainnya sehingga dengan dialog akhirnya mereka bisa memahami. (MSN)

You can share this post !