INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

UGM Gelar Wisuda Secara Daring dan Luring

21 October, 2020 11:42 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - UGM Gelar Wisuda Secara Daring dan Luring

Foto: Univ. Gadjah Mada

SLEMAN INSPIRA.TV,- ​Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar upacara wisuda Program Pascasarjana periode III Tahun Akademik 2019/2020, periode IV Tahun Akademik 2019/2020, dan Periode I Tahun Akademik 2020/2021 secara daring dan luring di Halaman Balirung UGM, Rabu (21/10/2020). 


Upacara wisuda secara daring disiarkan secara telekonferensi melalui aplikasi zoom dan live streaming di laman Youtube UGM. Sementara dalam upacara wisuda secara luring dilakukan dengan prosesi dan peserta yang dibatasi yang hanya diikuti perwakilan wisudawan sebanyak 20 orang, rektor, wakil rektor, dekan, dan jajaran pimpinan UGM dengan mengikuti ketentuan dan standar protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.


Rektor UGM, Prof.Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., ASEAN., Eng., mengatakan pelaksanaan wisuda di UGM kali ini digelar secara berbeda akibat pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk turut berubah dengan mengadaptasi kebiasaan-kebiasaan baru. Demikian juga dengan penyelenggaraan upacara wisuda, setelah sempat tertunda, akhirnya UGM kembali menyelenggarakan wisuda namun secara daring.

 

“Kondisi ini memang tidak ideal dan mungkin juga tidak sesuai dengan harapan Saudara-saudara sekalian. Namun ini tidak mengurangi makna dan penghargaan atas perjuangan yang telah Saudara lalui di kampus,” kata Rektor UGM.


Pandemi Covid-19 disebutkan Rektor telah memberikan dampak yang luas bagi kehidupan bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia. Pandemi menjadikan pertumbuhan ekonomi menukik tajam, industri dan berbagai kegiatan bisnis mengalami kesulitan, dan ancaman pemutusan hubungan kerja terjadi di berbagai sektor.


Kendati begitu, pandemi Covid-19 juga telah mempersatukan, memperkuat solidaritas dan kepedulian, membangkitkan kembali jiwa gotong-royong masyarakat yang selama ini seolah sirna. Disamping itu pandemi mampu memacu kreativitas dan inovasi anak bangsa.


Terbukti hasil kerja sama riset antar perguruan tinggi dengan para mitra di bidang penemuan vaksin dan obat, alat-alat kesehatan, dan usaha-usaha pemulihan ekonomi membuahkan banyak hasil yang sangat baik.

 

"Dalam jangka waktu beberapa bulan terakhir, UGM telah turut berkontribusi untuk mengatasi pandemi serta dampak-dampak yang dibawanya, baik bagi sivitas UGM maupun bagi masyarakat luas. Secara internal, UGM telah menerapkan sejumlah inovasi kebijakan mulai dari penerapan kuliah daring beserta pemberian bantuan paket data, bantuan sembako bagi mahasiswa, dan keringanan UKT, serta pembentukan Satgas Covid-19 UGM," papar Rektor. (DAN/HAP) 

You can share this post !