INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Dinkes Jabar Pastikan Vaksinasi Akan Fokus di Bodebek

26 October, 2020 09:02 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Dinkes Jabar Pastikan Vaksinasi Akan Fokus di Bodebek

Foto: Humas Pemprov Jabar

DEPOK INSPIRA.TV,- Dalam simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tapos Kota Depok beberapa waktu lalu ini, Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar mengatakan, vaksin akan fokus diberikan kepada lima daerah di Bodebek (Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, serta Kota dan Kabupaten Bekasi) sebagai daerah penyumbang 70 persen kasus COVID-19 di Jabar. 


Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Jawa Barat Marion Siagian menjelaskan, total alat pendingin untuk menyimpan vaksin di seluruh wilayah Bodebek berjumlah 354 buah. Setelah dilakukan asesmen, diketahui 51 alat pendingin di antaranya rusak.


Selain itu, penyimpanan vaksin COVID-19 juga menjadi perhatian karena penempatan harus diatur dengan jenis vaksin lain dalam alat pendingin tersebut. 


"Karena ada vaksin yang lain seperti vaksin untuk bayi dan ibu. Dinas Kesehatan Jabar terus melakukan asesmen terhadap kulkas di fasyankes seluruh Jabar, terutama di Bodebek," tutur Marion. 


Untuk keperluan vaksin tahap pertama di Bodebek, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar mengajukan alokasi 3 juta warga dari total 9,1 juta warga yang bisa divaksin dengan vaksin yang dibeli pemerintah pusat. 


Khusus untuk Kota Depok, vaksin yang dibutuhkan sebanyak kurang lebih 1,14 juta atau untuk mencukupi kebutuhan 60 persen dari total jumlah penduduk 2,4 juta jiwa. Meski begitu, yang bisa menerima vaksin tahap pertama hanya 20 persen atau kurang lebih 300 ribu dari total sasaran 1,14 juta tersebut. (HAP)


You can share this post !