INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Viral! Pria Bergelantungan di Jembatan Rel Kereta Api, Ini Kata PT KAI

02 November, 2020 11:49 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Viral! Pria Bergelantungan di Jembatan Rel Kereta Api, Ini Kata PT KAI

Foto : Istimewa/ Tangkapan Layar Video Viral

JAKARTA INSPIRA.TV,- Sebuah video mendadak viral di jagat media sosial, karena dalam video tersebut menunjukkan seorang laki-laki sedang  bergelantungan di pinggir jembatan jalur kereta, tepatnya di jembatan Sungai Cikeas, yang menjadi jalur kereta Cibinong-Nambo, Kabupaten Bogor pada hari Sabtu (31/10), kemarin.

 

Terkait video tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta angkat bicara. Pihaknya menegaskan jalur tersebut bukan untuk pejalan kaki, pengendara motor, atau kendaraan lainnya.

 

“Jembatan tersebut merupakan jalur khusus kereta api (KA), dan hanya diperuntukkan bagi kereta api termasuk Kereta Rel Listrik (KRL),” ujar Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Senin  (2/11/2020).

 

Dalam video tersebut, selain ada laki-laki yang bergelantungan, terlihat juga sebuah sepeda motor yang tergeletak di rel kereta dan hampir terlindas KRL Commuter Line yang melintas.

 

Eva pun meminta, masyarakat untuk menggunakan fasilitas yang memang disediakan untuk pengguna sepeda motor ataupun pejalan kaki yang semestinya.

 

“Tentunya apa yang sudah dilakukan pria dalam video merupakan pelanggaran dan dapat membahayakan dirinya dan perjalanan KA,” tuturnya.

 

Eva menjelaskan, posisi laki-laki tersebut berada di bahu jalan rel di atas jembatan beton. Sebelumnya, pihak PT KAI Daop 1 Jakarta telah memasang patok pengaman agar tidak ada warga yang lewat. Namun, patok tersebut dibongkar juga oleh warga.

 

Eva melanjutkan, seharusnya warga memiliki kesadaran mengenai kegunaan jembatan tersebut bukan untuk lalu lalang kendaraan ataupun warga. Dia mengingatkan warga yang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan untuk tidak menggunakan area jalur rel.

 

“Jadi kami kembali memohon kepada masyarakat, agar dengan penuh kesadaran mengikuti ketentuan yang ada untuk keselamatan,” ujar Eva.

 

Aturan mengenai keberadaan orang di lintasan kereta, dinyatakan dalam Pasal 181 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perekeretaapian. Dalam ayat (1) pasal tersebut menyatakan bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api; menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel atau melintasi jalur kereta api; atau menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain, selain untuk angkutan kereta api.

 

Eva menuturkan, PT KAI Daop 1 Jakarta terus melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar jalur KA untuk peduli dan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan untuk keselamatan dan keamanan bersama. (MSN) 

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN