INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

BMKG Pastikan Gempa Magnitudo 4 di Bandung Tak Berpotensi Tsunami

02 November, 2020 12:06 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - BMKG Pastikan Gempa Magnitudo 4 di Bandung Tak Berpotensi Tsunami

Foto: Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Gempa bumi bermagnitudo 4,0 yang terjadi pada Minggu (1/11/2020) di Kabupaten Bandung, tidak berpotensi tsunami. Gempa bumi tektonik tersebut terjadi sekitar pukul 21.34 WIB.


"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam keterangan resminya yang diterima, Minggu (1/11/2020). 


Berdasarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kecamatan Pangalengan dengan Skala Intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.


Sedangkan di Kecamatan Ciparay, Majalaya, dan Baleendah, gempa dapat dirasakan dengan Skala Intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.  


Di Kecamatan Parompong, gempa berada di skala I MMI. Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. "Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," jelasnya.


Hingga pukul 22.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). "Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia. (HAP)

You can share this post !