INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Oded Gelar Pertemuan dengan Buruh, Bahas UMK 2021

09 November, 2020 13:46 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Oded Gelar Pertemuan dengan Buruh, Bahas UMK 2021

Foto: Humas Pemkot Bandung

BANDUNG INSPIRA.TV,- Pemerintah Kota Bandung akan membawa usulan buruh soal penetapan besaran Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) bersama dewan pengupahan yang akan melibatkan unsur pengusaha dan pekerja. 


Menurut Wali Kota Bandung Oded M. Danial, aspirasi ini merupakan bagian dari hak pekerja yang harus dibahas secara objektif sehingga keputusan tersebut tidak bisa diambil secara sepihak. 


"Usulan hari ini akan dibawa oleh Pak Kadisnaker sebagai ketua Dewan Pengupahan Kota Bandung nanti di rapat tripartit. Sebagai ketua, beliau tidak bisa menentukan sendiri harus ada dasarnya. Dan dasarnya itu dari rapat tripartit itu," jelas Oded, Senin (9/11/2020).


Oded belum bisa memastikan besaran UMK Kota Bandung bakal naik atau mengikuti Surat Edaran Menteri dan Surat Edaran Gubernur perihal upah minimum 2021, karena masih menunggu pembahasan rapat tripartit Dewan Pengupahan besok Selasa (10/11/2020). 

Rapat Dewan Pengupahan tersebut akan melibatkan tiga unsur (tripartit), yakni pihak pengusaha, serikat buruh, dan pemerintah. Sehingga, keputusan yang objektif dalam diambil.

Namun, Oded sudah menitipkan agat rapat pembahasan upah harus terlaksana secara objektif. Termasuk untuk para pengusaha juga harus bisa memberikan gambaran berdasarkan data di lapangan sehingga pembahasan bisa berjalan secara objektif.

Oded lantas memberikan arahan agar para pekerja yang terlibat dalam rapat pembahasan upah nanti bisa menyampaikan argumentasi secara elegan dan komprehensif. 

"Pada prinsipnya temen temen serikat pekerja mengusulkan agar UMK 2021 bisa naik. Adapun kenaikan yang dicita-citakan itu sekitar 8 persen," tutur Oded.

Oded sangat mengapresiasi serikat pekerja di Kota Bandung yang mampu membangun dialog dan menyampaikan asprirasi secara elegan kepada Pemerintah Kota Bandung. 

"Alhamdulillah karena temen-temen yang selalu berkoordinasi dan berkonsultasi kepada kadisnaker secara teknis dan hal lainnya kepada saya. Mereka tetap bersikap realistis," katanya. (HAP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN