INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Naik Tidaknya UMK Kota Bandung Dibahas Hari Ini

10 November, 2020 09:19 WIB | INSPIRA FINANCE

Inspira TV - Naik Tidaknya UMK Kota Bandung Dibahas Hari Ini

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Pembahasan mengenai besaran Upah Minimal Kota/Kabupaten (UMK) Kota Bandung 2021 akan dilaksanakan pada hari Selasa (10/11/2020). Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung, Arief Syafiduin.

 

"Dewan Pengupahan Kota Bandung mulai sidang besok Selasa, dan berbagai data akan kami bahas bersama,” kata dia.

 

Pembahasan tersebut akan dilakukan secara tripartit. Pihak yang terlibat pembahasan adalah unsur pengusaha, serikat pekerja, dan pemerintah.

 

"Tahun lalu UMK Kota Bandung Rp3,6 juta. Kita gunakan aturan yang sudah dilakukan lewat PP 78 Tahun 2015. Kita belum bisa sampaikan apakah akan naik atau tetap, karena masih harus disampaikan dulu di Dewan Pengupahan Kota," ungkapnya.

 

Adapun hitungan besaran UMK untuk 2021 masih mengacu pada PP 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. Komponen yang akan dihitung untuk menentukan besaran UMK adalah angka inflasi dan Produk Domestik Bruto (PDB).

 

"Kita akan berikan yang terbaik dan seobjektif mungkin serta bisa dipertanggungjawabkan. Ini masa yang berat, mohon doanya agar Dewan Pengupahan bisa memberikan yang terbaik," katanya. (MSN)

You can share this post !